SAS Pastikan Pelayanan PMI Tetap Berjalan -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

SAS Pastikan Pelayanan PMI Tetap Berjalan

editor: nox_nino
Selasa, 18 Februari 2020

Ketua PMI Kota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan


Tomohon, KOMENTAR.ID

Ketua Palang Merah Indonesia Kota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan (SAS) meminta masyarakat luas untuk tak berpolemik dan memperpanjang persoalan tak tersalurkannya dana hibah buat PMI Kota Tomohon. 

Menurutnya, kendati belum mendapatkan dana hibah dari pemerintah kota, masyarakat tak usah khawatir untuk pelayanan di PMI Kota Tomohon, karena pelayanannya akan tetap berjalan seperti biasanya. 

"Kami minta semua pihak agar jangan memperpanjang soal masalah ini, karena pihaknya tetap akan berusaha melayani kepentingan masyarakat, terutama dalam hal pemenuhan kantung darah bagi masyarakat yang membutuhkan," terang SAS sapaan akrabnya, Selasa (18/02).

Dijelaskannya, kami juga meminta doa dan dukungan semua pihak, karena PMI berencana menyediakan Bank Darah untuk me-maksimalisasi pelayanan penyediaan kantung darah di kota Tomohon. 

"Tentu hal ini tak semudah membalikkan telapak tangan, tapi kami akan berusaha agar supaya pelayanan soal kantung darah bisa benar-benar gratis bagi masyarakat yang sangat membutuhkannya,"jelasnya.

Lanjut dikatakannya, mengenai polemik soal pembayaran kantung darah, sebenarnya darah itu gratis. Tapi soal pemeriksaan terhadap darah yang disumbangkan tiap orang memiliki SOP transfusi darah dan memerlukan biaya tak kecil.

"Itu harus melalui tahap atau pemeriksaan yang jelas. Karena apabila tidak dilakukan hal tersebut bisa membahayakan pasien yang memerlukan darah. Bisa saja darah yang disumbangkan seseorang terinfeksi dengan penyakit berbahaya yang justeru akan membahayakan kesehatan pasien itu sendiri," pungkasnya.