Penjualan Pulau Nenas di Boltim Berpeluang Dibatalkan Pemerintah -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Penjualan Pulau Nenas di Boltim Berpeluang Dibatalkan Pemerintah

editor: dax_dacko
Minggu, 16 Februari 2020

Pulau Nenas di Boltim, memiliki kandungan pasir putih yang bersih nan alami. (Istimewa/Foto Repro @Rkandolia) 

Boltim, KOMENTAR.ID

Kasak-kusuk terjualnya Pulau Nenas yang berlokasi tak jauh dari wilayah pesisir Desa Paret dan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, makin menarik disimak.

Sebab, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur melalui Sekretaris Daerah DR Ir Sonny Waroka PhD ketika dimintai konfirmasi, ternyata tidak tahu menahu adanya transaksi penjualan pulau tersebut.

"Saya juga nanti tahu saat baca di media,” ujar Waroka disela-sela kegiatan Ujian CPNS Boltim, di Hotel Sutanraja Minut, Sabtu 15 Februari 2020.

Bahkan dia mengaku mendapat telepon dari Kepala Dinas Tata Ruang Provinsi Sulut, Steve Kepel, terkait penjualan Pulau Nenas. Dari hasil pembicaraan dengan, Kepel lanjut Waroka, penjual Pulau Nenas di Boltim ada aturannya.

“Bro ada aturannya soal jual pulau,” sebut Waroka sebagaimana menirukan ucapan Kepel dibalik telepon yang diterimanya. “Nanti saya akan cek ke BPN,” tutur Waroka.

Meski demikian, apabila benar pulau pasir putih itu sudah terjual, pemerintah menurutnya bisa membatalkan. “Iya, bisa dibatalkan,” sebut Waroka sambil berlalu.

Terpisah, terkait isyu penjualan Pulau Nenas tersebut, sebagaimana amatan, terjadi pro dan kontra pada laman Facebook grup lokal Boltim.

Ada yang bangga dengan terjualnya Pulau Nenas karena dianggap bisa meningkatkan perekonomian daerah, tetapi tidak sedikit pula yang heran pulau itu bisa lepas ke pihak swasta.

Pulau Nenas Boltim foto dari udara. (Istimewa)

Sebelumnya diberitakan Pulau Nenas di Boltim telah terjual ke bos Paramount Group, Elizabeth Sindoro. Kabarnya transaksi penjualan dilakukan lewat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta.

“Memang ada informasi Pulau Nenas sudah dijual lewat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta. Namun informasi pastinya saya belum tahu,” ujar  Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Boltim, Rizky Kiki Lamaluta SE, di konfirmas di ruang kerjanya, Senin 10 Februari lalu.

Sedangkan berdasarkan informasi yang di terima Komentar.ID, Pulau Nenas yang memiliki luas lebih dari 100 hektar, hanya dijual dengan harga sekira Rp 4 miliar.

***