Pengamanan Pilkada, Polres Kecipratan 2 Miliar -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Pengamanan Pilkada, Polres Kecipratan 2 Miliar

editor: nox_nino
Selasa, 04 Februari 2020

Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), antara Pemerintah Kota Tomohon dan Kepolisian Resor Tomohon disambung dengan acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU), antara Pemerintah Kota Tomohon dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Manado.


Tomohon, KOMENTAR.ID

Untuk menunjang pengamanan dalam rangka mensukseskan pemilu serentak pada bulan September tahun ini, Pemerintah Kota mengalokasikan dana sebesar Rp 2 Miliar ke Polres Tomohon.

Hal ini diungkapkan Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak CA dalam acara Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), antara Pemerintah Kota Tomohon dan Kepolisian Resor Tomohon disambung dengan acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU), antara Pemerintah Kota Tomohon dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Manado.

Walikota dalam sambutannya menjelaskan, tahun 2020 Kota Tomohon bakal melangsungkan Pemilukada serentak bersama 36 Kota dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota juga dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

"Untuk menjamin pelaksanaan pemilukada  berjalan dengan baik, segala tahapan perlu didanai oleh Pemerintah Kota sesuai dengan Permendagri no 54 tahun 2019, dimana pada tahun 2019 telah diberikan dana hibah kepada KPU Tomohon dan Bawaslu Tomohon.

Saat ini kami melakukan penandatanganan MoU dengan pihak Polres Tomohon dalam rangka juga pembiayaan pengamanan Pemilukada sebesar 2 Miliar rupiah yang dialokasikan pada APBD Kota tahun 2020 sesuai surat edaran Mendagri no 900/9629/SJ," jelas Walikota.

Ditambahkannya, usai itu kami Melakukan penandatangan MoU dengan PT PLN UP3 Manado, terkait pemungutan dan penyetoran pajak penerangan jalan (PPJ) dan pembayaran rekening listrik Pemkot Tomohon.

"Sehubungan dengan optimalisasi PAD, pemerintahan melakukan upaya pemenuhan salah satunya Pajak Penerangan Jalan (PPJ) sesuai UU no 28 tahun 2009 pasal 53 ayat 3," pungkasnya.

Diketahui penandatangan kedua MoU ini ditandatangani langsung oleh Walikota Tomohon ,Jimmy F Eman SE AK CA, Kapolres Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait SIK SH MSi, Manager Bagian Pemasaran dan Pelayanan PLN Unit Induk Wilayah Sulutenggo UP3 Manado, Bonifatius Warohana.

Disaksikan oleh Ketua KPU Kota Tomohon, Drs Haryanto Lasut MAP, perwakilan Bawaslu Kota Tomohon, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc MTh, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan hadirin undangan.