Pemkot Sosialisasi Kebijakan yang Mengatur tentang Pengelolaan Kawasan Kumuh Permukiman -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Pemkot Sosialisasi Kebijakan yang Mengatur tentang Pengelolaan Kawasan Kumuh Permukiman

editor: nox_nino
Selasa, 25 Februari 2020

Sosialisasi dan Focus Group Discussion Kebijakan Pencegahan dan Peningkatan Kualitas, terhadap Permukiman Kumuh


Tomohon, KOMENTAR.ID

Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Ir Harold Lolowang MSc memberikan materi Kebijakan Pengelolaan Permukiman Kumuh Perkotaan di Kota Tomohon.

Dalam kesempatan tersebut, Lolowang menjelaskan, Pemerintah Kota memang wajib dan bertanggung - jawab agar warganya tinggal dalam hunian yang nyaman dan layak.
"Untuk itu, pemerintah mengadakan sosialisasi agar masyarakat mengetahui tentang kebijakan yang mengatur tentang pengelolaan kawasan kumuh permukiman," jelas Lolowang dalam kegiatan Sosialisasi dan Focus Group Discussion Kebijakan Pencegahan dan Peningkatan Kualitas, terhadap Permukiman Kumuh, yang dilaksanakan di AAB Guest House Tomohon, Selasa (25/02-2020).

Ditambahkannya, tujuan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, tentang kebijakan serta tindak lanjut untuk penerapannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Daerah Kota Tomohon, Hengky Supit SIP mengatakan, penyelenggaraan kawasan permukiman ini bertujuan untuk memenuhi hak warga negara atas tempat tinggal yang layak dalam lingkungan yang sehat, aman, serasi, dan teratur, serta menjamin kepastian bermukim, yang wajib dilaksanakan sesuai dengan arahan pengembangan kawasan permukiman yang terpadu dan berkelanjutan.

"Perumahan dan permukiman diatur dengan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Undang-undang tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman adalah salah satu bentuk tanggung jawab negara dan daerah, untuk melindungi segenap warganya melalui penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman, agar masyarakat mampu bertempat tinggal serta menghuni rumah yang layak dan terjangkau di dalam lingkungan yang sehat, aman, harmonis, dan berkelanjutan," pungkasnya.

Turut menjadi narasumber lainnya yaitu, Tenaga ahli urban planner program kotaku Provinsi Sulawesi Utara, Novry Wurangian ST, Koordinator Program Kotaku Kota Tomohon, Bobby Poluan SPt.

Acara ini dihadiri juga oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Ir Enos Pontororing MSi, dan diikuti
para peserta dari Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Tinoor I, Tinoor II, Kinilow, Kinilow I, Kayawu, Talete I, Lahendong, Pangolombian dan Tondangow.