OD-SK Targetkan Tahun Ini Sulut Ekspor Jagung -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

OD-SK Targetkan Tahun Ini Sulut Ekspor Jagung

editor: tino_mk
Selasa, 11 Februari 2020

Gubernur Olly Dondokambey didampingi Kadis Pertanian dan Peternakan Sulut saat memanen jagung di lahan jagung di Minut. Foto: Tino/komentar.id

Minut, KOMENTAR.ID

Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah (Distanakda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kegiatan Gerakan Panen Jagung di Lahan Jagung Desa Kolongan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Selasa (11/02-2020).

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang turut hadir memastikan hasil panen jagung lokal akan diekspor ke luar negeri. “Hasil pertanian lebih khusus jagung di Sulut terus meningkat, kalau tidak ada kendala, tahun ini sudah bisa diekspor,” ungkap Dondokambey.

Gubernur juga mengapresiasi kepada pemerintah pusat yang mengusulkan Sulut sebagai Pilot Project pengadaan bibit lokal jagung. Bahkan Gubernur juga telah menyiapkan lahan sebanyak 50.000 hektar di Sulut untuk peluasan tanaman jagung.

“Kita harus bersyukur karena kita sudah bisa membuat bibit lokal sendiri. Di tahun 2020 dan seterusnya sudah bisa rasakan secara langsung,” katanya kepada wartawan.


Gubernur Olly juga menyerahkan bantuan bagi para petani. Foto: Tino/komentar.ID

Seperti diketahui, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) semenjak memimpin Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memasang target agar bisa memproduksi 1 juta ton jagung. Distanakda Sulut pun memenuhi target tersebut.

“Puji Tuhan atas dorongan pak gubernur torang capai produksi empat tahun capai sebagaimana ditargetkan. Tembus 1,2 juta ton untuk memenhui kebutuhan lokal dan antarprovinsi,” terang Kepala Distanakda Sulut Novly Wowiling saat memberikan laporan.

Adapun program penanaman Jagung di lahan tersebut merupakan kerja sama Distanakda Sulut dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

“Untuk lahan di sini yang ditanam adalah Jagung varitas lokal yang dihasilkan anak bangsa,” ungkap Wowiling.

Di kesempatan ini, sejumlah kelompok tani menerima bantuan alat dan mesin oleh Gubernur Olly Dondokambey. Serta ada pula yang mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang serahkan oleh beberapa bank. 

***