KPUD Boltim Launching Pilkada Serentak, Bolang dan Awang Jadi Maskot -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

KPUD Boltim Launching Pilkada Serentak, Bolang dan Awang Jadi Maskot

editor: dax_dacko
Rabu, 19 Februari 2020

Launching Pilkada Serentak di Kabupaten Boltim turut dihadiri langsung personil KPU RI, KPU Sulut serta KPUD Boltim dan jajaran TNI Polri. (Daud Timpal/Komentar.ID)

Boltim, KOMENTAR.ID

Selasa malam (18-02-2020) 
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) resmi melaunching Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boltim serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut tahun 2020. 

Menariknya, launching yang digelar di Lapangan Taman Pondabo Tutuyan, Selasa 18 Februari 2020, KPUD Boltim menggunakan Cengkih sebagai Maskot Pilkada Tahun 2020. Di mana Cengkih jika diartikan dalam bahasa daerah Bolaang Mongondow Raya adalah “Bolangawang”, menjadi si Bolang dan si Awang sebagai maskot.

Maskot pilkada, si Bolang dan si Awang. 

Maskot si Bolang dan si Awang ini pun diperlenalkan dalam launching yang dihadiri langsung Komisioner KPU RI Ilham Saputra, Ketua KPU Sulut Dr Ardiles Mewoh serta Ketua KPUD Boltim Rahman Jamal Iroth dan jajaran, sebagai sebagai Maskot Pilkada Boltim.

Usai memperkenalkan si Bolang dan si Awang, Komisioner KPU RI, KPU Provinsi dan KPU Boltim serta undangan, ikut menabuh Tetengkoren kemudian dilanjutkan menyalakan api obor berlogo tanggal 23-09-2020 sebagai waktu atau jadwal pelaksanaan Pilkada.

Pemukulan Tetengkoren dilakukan bersama dalam kegiatan Launching Pilkada Boltim. 

Launching ini sendiri pertanda KPU sudah sangat siap melaksanakan tahapan sekaligus mensukseskan seluruh agenda Pilkada Serentak 2020.

“Pada prinsipnya, ini adalah Pilkada Serentak terakhir sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 yang direvisi menjadi UU 8 2015 dan direvisi kembali menjadi UU 10 2016, seiring KPU juga sudah pernah melaksanakan Pilkada Langsung pada tahun 2015, 2017, 2018 dan 2020. Pilkada di Boltim juga harus berjalan lancar dan sukses,” ujar Komisioner KPU RI Ilham Saputra. 

Sebagai penyelenggara pemilu, Ilham sadar betul tidak dapat bekerja sendiri melainkan butuh support dari semua elemen masyarakat yang terkait termasuk Bawaslu, TNI Polri dalam tahapan penyelenggaraan pilkada.

Komisioner KPU RI Ilham Saputra (kanan) saling menggenggam tangan bersama Ketua KPUD Boltim Jamal Iroth. 

“KPU sangat terbuka terhadap informasi-informasi terkait dengan penyelenggaraan tahapan Pilkada pada tahun 2020 sambil membuka pintu kepada PPK, PPS, untuk menanyakan informasi terkait tahapan hingga membuka kesempatan kepada PPK dan PPS yang ingin bergabung dan mengambil bagian sebagai penyelenggara pilkada 2020,” ujarnya.

Sementara, Ketua KPU Boltim Jamal Rahman Iroth pada sambutannya ikut memberikan apresiasi kepada Komisioner KPU RI. Apalagi menurut dia, ini adalah pertama dalam sejarah di Kabupaten Boltim saat melaksanakan kegiatan dihadiri langsung oleh Komisioner KPU RI.

“Kami bangga tentunya, dengan begitu padatnya jadwal KPU RI tetapi bisa hadir bersama di Boltim. Ini tentunya suatu kehormatan bagi KPU Boltim,” ujar Iroth.

Bahkan juga KPU Sulut yang ikut menyertakan personil lengkap, menurutnya juga merupakan suatu kehormatan bagi KPU dan Masyarakat Kabupten Boltim.

Sekretaris KPUD Boltim Arfan Palima Alhabsyi bersama Anggota DPRD Boltim. 

Komisioner KPU Boltim yang juga Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Abdul Kader Bachmid berharap tahapan hingga pada hari H tepatnya 23 September 2020, KPU Boltim sebagai penyelenggara dapat melaksanakan tugas dan amanah sesuai dengan harapan dan dapat melahirkan pemimpin yakni bupati dan wakil bupati yang berkualitas.

Sedangkan Sekretaris KPU Boltim Arfan Palima Alhabsyi Shut ikut memberikan apresiasi kepada semua pihak yang sudah menyukseskan agenda launching sebagai tahapan penyelenggaraan pilkada sehingga kedepannya dapat tercipta pilkada yang berkualitas.

Foto bersama disela kegiatan launching. 

(Advertorial)