Ini Capaian Disdukcapil-KBD Sulut, Empat Tahun Kepemimpinan OD-SK -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Ini Capaian Disdukcapil-KBD Sulut, Empat Tahun Kepemimpinan OD-SK

editor: tino_mk
Rabu, 12 Februari 2020


Manado, KOMENTAR.ID

Empat tahun sudah masa kepemimpinan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK). Banyak capaian-capaian dan peningkatan yang terjadi di Sulut dan dirasakan masyarakat secara langsung.

Seperti halnya Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana Daerah (Dukcapil-KBD) Provinsi Sulut, ada beberapa capaian kinerja selang tahun 2017-2019 di masa empat tahun kepemimpinan OD-SK.

Untuk kegiatan skala nasional, Dukcapil-KBD Sulut berhasil melaksanakan kegiatan Launching GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) yang dipusatkan di Tampusu, Sulut tahun 2018.

Kemudian kegiatan HARGANAS (Hari Keluarga Nasional) yang dipusatkan di Kota Manado, Sulut pada Juli 2018.

Sedangkan dalam rangka percepatan pelayanan kepada masyarakat maka beberapa inovasi yang dilaksanakan antara lain TTE (Tanda Tangan Elektronik) dalam rangka percepatan proses pengurusan Adminduk.

Dukcapil-KBD Sulut memiliki semboyan AKU BAHAGIA (Administrasi Kependudukan yang Membahagiakan), guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan untuk menumbuhkan kesadaran dalam pelayanan kepada masyarakat.

Adapula kegiatan penunjang ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan), seperti penertiban dokumen kependudukan gratis bagi masyarakat. 

Secara tidak langsung, kegiatan tersebut merupakan bagian dari kepedulian terhadap masyarakat yang dapat digunakan dalam berbagai kepentingan, termasuk di dalamnya untuk memperoleh bantuan baik berupa kesehatan, pendidikan dan guna kepentingan dalam mencari pekerjaan.

Selanjutnya kegiatan Kawin Massal, sekitar delapan puluhan masyarakat yang belum menikah (kurang mampu), yang dinikahkan.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan HARGANAS dan membantu langsung kepada masyarakat yang kurang mampu.

Sedangkan untuk penghargaan, ada beberapa yang berhasil diraih dalam empat tahun kepemimpinan OD-SK, diantaranya;

Penghargaan Manggala Karya Kencana oleh Menteri Koordinator Bidang PMK dari BKKBN di Even HARGANAS ke - XXVI di Kalimantan Selatan, 6 Juli 2019, yang diterima langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey.


Penghargaan dari KPU atas kerjasama dan partisipasi dalam penetapan DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) di Provinsi Sulut tahun 2018.


Penghargaan dari BPS atas partisipasi Dukcapil-KBD Sulut berupa dukungan terhadap persiapan sensus penduduk 2020 (SP2020) Kolaborasi Menuju Satu Data Kependudukan.


Untuk capaian Kinerja Dukcapil-KBD Sulut dapat dilihat dari tabel berikut;


Diungkapkan Kepala Dinas Dukcapil-KBD Sulut dr Bahagia R Mokoagouw, semua capaian tersebut tak lepas dari arahan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta seluruh jajaran Dinas Dukcapil-KBD.

“Ini semua berkat kerjasama jajaran kami (Disdukcapil-KB) yang senantiasa menerima arahan dari pak gubernur dan wagub yang juga demi terlaksananya pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat Sulut,” ungkapnya. 

***