DPRD Boltim Tidak Tahu Pulau Nenas Sudah Dibeli Konglomerat Elizabeth Sindoro -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

DPRD Boltim Tidak Tahu Pulau Nenas Sudah Dibeli Konglomerat Elizabeth Sindoro

editor: dax_dacko
Rabu, 12 Februari 2020

Hemparan pasir putih Pulau Nenas di Kabupaten Boltim, menjadi potensi pariwisata andalan bila dikelola dengan serius. (Istimewa/Dispar Boltim)

Boltim, KOMENTAR.ID

DPRD Kabupaten Boltim mengaku tidak tahu Pulau Nenas yang menjadi salah satu ikon pariwisata daerah, sudah dibeli seorang konglomerat, Elizabeth Sindoro. 

Beberapa pimpinan dan anggota dewan pun cukup kaget ketika dimintai tanggapan soal ini.

Ketua Komisi III DPRD Boltim Suradi Simbala mengaku, sepengetahuannya pulau pasir putih tersebut milik negara dan wajib hukumnya dikelola oleh negara.

Hanya saja lanjut Politisi Golkar ini, dalam areal Pulau Nenas ada sejumlah pemilik tanah dan pengelola kebun kelapa. 

Senada diungkapkan Sekretaris Komisi III, Revvy Lengkong. Utusan Partai Gerindra ini mengaku kaget dengan persoalan jual pulau tersebut.

“Jika benar hal itu terjadi, kami tidak tinggal diam. Dalam waktu dekat kami akan mengundang khusus pihak eksekutif untuk menanyakan terkait penjualan Pulau Nenas,” tegasnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Boltim Medy Lensun mengatakan sepengetahuannya penjualan Pulau Nenas itu dilarang.

“Hanya saja memang jika pemilik kebun di lokasi mempunyai sertifikat tanah pribadi atau kebun sendiri, bisa saja itu yang dijual secara personal dan bukan pulaunya yang dijual,” sebut Lensun.

Diketahui berdasarkan informasi yang di terima Komentar.ID, Pulau Nenas yang memiliki luas lebih dari 100 hektar, hanya dijual dengan harga sekira Rp 4 miliar.

Tak tanggung-tanggung pengendali Paramount Group Elizabeth Sindoro pun langsung membelinya.

“Memang ada informasi Pulau Nenas sudah dijual lewat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta. Namun informasi pastinya saya belum tahu,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Boltim Rizky Kiki Lamaluta SE dikonfrontir di ruang kerjanya, Senin (10/02-2020) lalu.

***