Dilantik, 35 Insinyur Dituntut Jawab Tantangan Peningkatan Kualitas -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Dilantik, 35 Insinyur Dituntut Jawab Tantangan Peningkatan Kualitas

editor: mamahit_kimmy
Sabtu, 15 Februari 2020

Pelantikan 35 orang insinyur dilakukan langsung Ketum Pengurus Insinyur Indonesia Heru Dewanto di Hotel Four Point Manado, Jumat (14/02-2020). (Istimewa)

Manado, KOMENTAR.ID

Sebanyak 35 insinyur baru dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Insinyur Indonesia (PII) DR Ir Heru Dewanto MSc (Eng) IPU Asean (Eng), di Ball Room Hotel Four Point Manado, Jumat (14/02-2020).

35 insinyur baru yang dilantik ini merupakan angkatan ke III di Sulut. Sebelumnya telah dilantik angkatan pertama dan kedua masing-masing sebanyak 20 dan 42 Insinyur.

Ketua Umum PII Heru Dewanto mengatakan, para insinyur baru yang dilantik ini diharapkan akan mampu menjawab tuntutan lapangan kerja yang membutuhkan tenaga Insinyur dengan kualitas unggul.

"Kita membutuhkan Insinyur-insinyur dengan kualitas unggul. Di Asean ini Indonesia hanya memiliki 10 persen yang berkualitas unggul dari angkatan kerja yang ada," katanya sembari menyimpulkan ini yang terendah bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

Ketua Jurusan Program Studi Program Profesi Insinyur Pasca Sarjana Unsrat DR Ir Audie Rumayar M (Eng) IPU Asean (Eng) menjelaskan, sesuai dengan UU No 11 Tahun 2014 Tentang KeInsinyuran dan Peraturan Pemerintah No 25 Tahun 2019, menyatakan, gelar akademik bagi lulusan Universitas adalah Sarjana Teknik (ST). 

Namun, untuk menyandang gelar Insinyur, maka harus dilantik oleh pengurus Persatuan Insinyur (PII) dan pelantikan ini merupakan angkatan yang ketiga.

Hadir mewakili Rektor Unsrat Ketua Program Pasca Sarjana Prof DR Ir Markus Talintukan Lasut serta sejumlah undangan yang hadir.

Sebelumnya Kamis 13 Februari 2020 dilantik Pengurus Wilayah PII Sulut dan Pengurus Cabang PII Sulut serta diserahkannya Sertifikat Tanda Registrasi Insinyur (STRI).

"Telah dilantik Pengurus Wilayah PII Sulut dan Pengurus Cabang PII Sulut. Selain itu juga diserahkan Sertifikat Tanda Registrasi Insinyur," kata Ir Chris Hombokau MT IPM Anggota Informasi dan Komunikasi PW PII Sulut menjelaskan. 

***