Buka Latsar CPNS, Wagub Berharap Peserta Jadi PNS Berkualitas -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Buka Latsar CPNS, Wagub Berharap Peserta Jadi PNS Berkualitas

editor: tino_mk
Kamis, 06 Februari 2020

Wagub Steven Kandouw saat membuka sekaligus memberikan arahan bagi peserta Pelatihan Dasar CPNS. (Foto: Istimewa)


Manado, KOMENTAR.ID

Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw membuka Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III angkatan I - VII Pemprov Sulut tahun 2020, yang diikuti  266 peserta dari beberapa kabupaten/kota di Sulut, Kamis (06/02-2020).

Pada kesempatan itu, Wagub juga memberikan arahan kepada peserta Latsar agar memperbaiki diri dan harus berbenah. 

“Harus beda, usahakan jadi yang baik. Saya optimis 266 peserta ini dapat menjadi tulang punggung pemprov. Mengikuti prajabatan, sudah terima gaji sudah hampir satu tahun. Tapi ingat dalam prajabatan juga bisa ada yang gugur menjadi PNS, karena CPNS iu masih 80 persen, nanti dua tahun kedepan genap 100 persen," paparnya.

Lanjut Kandou, kiranya para peserta bisa merasa bangga baik di daerah, lingkungan sekitar dan keluarga. 

“Tidak semua orang bisa masuk CPNS, dan itu menjadi impian setiap orang. Dari total penduduk Indonesia, hanya sekitar 2 persen yang menjadi PNS. Jadi menurut hemat saya, ini merupakan tanggungjawab besar, CPNS harus jadi role model atau contoh bagi masyarakat,” lanjut orang nomor dua di Sulut itu.

Kandouw juga mengungkap, 7 tahun terakhir Sulut tidak membuka jalur penerimaan CPNS kacuali dari IPDN. “7 tahun tidak ada penerimaan sama sekali, jadi kita harus menciptakan PNS yang kredibel dan integritas,” ungkapnya.

Untuk itu, Kandouw pun berharap agar para peserta bisa menjadi PNS dengan SDM berkualitas, berekspektasi, dedikasi, pelayanan, kemauan dan penuh ikhtiar sesuai harapan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

"Tes tidak ada titip-titip, like and dislike apalagi KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme). Jadi tidak ada yang namanya titipan dari Asisten, pak Sekprov, Wagub bahkan pak Gubernur. Ini dilaksanakan sesuai dengan penuh kualitas profesional," harapnya. 

***