Alasan Persipura Pilih Stadion Klabat: Banyak Mahasiswa Papua dan Mengenang Izack Fatary -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Alasan Persipura Pilih Stadion Klabat: Banyak Mahasiswa Papua dan Mengenang Izack Fatary

editor: komentar.id
Minggu, 23 Februari 2020

Persipura menjadi tim unggulan di Liga I Musim 2020. Mereka akan memainkan laga home di Stadion Klabat Manado. (Istimewa/Foto: Tirto.id)

Manado, KOMENTAR.ID

Persipura memilih Stadion Klabat Manado sebagai home base mereka di Liga 1 Musim 2020. Alasannya ternyata karena adanya hubungan emosional.

“Alasan memilih Manado, banyak mahasiswa Papua berkuliah dan Persipura pernah punya hubungan emosional dulu dengan Persma karena pernah meminjamkan bintangnya saat itu almarhum Izack Fatary,” kata Bebenu, Kadispora Kota Jayapura, Sabtu (23/02-2020).

"Yang pasti secara mental kita siap main di Manado," tambah Bebenu.

Stadion Mandala Jayapura diketahui tengah diperbaiki untuk persiapan PON 2020. Hal ini memicu konsekuensi bagi Mutiara Hitam, Persipura, untuk berlaga di stadion lain. 

Tim unggulan Liga I ini pun memilih alternatif lain sebagai home base yakni Stadion Klabat Manado.

Sejarah mencatat, stadion berkapasitas 15 ribu penonton tersebut pernah dipijak Ronaldo saat tur bersama PSV Eindhoven ke Indonesia tahun 1995 silam.

Ronaldo pun bermain pada 20 menit terakhir melawan Persma Manado dalam momen eksebisi.

Sejarah lain, tahun 1999, Stadion Klabat Manado sukses menjadi tuan rumah final Liga Indonesia (Ligina) antara PSIS dan Persebaya.

Kini, Persipura akan menjamu PSIS pada tanggal 1 Maret pekan depan. Tim Mahesa Jenar menjadi lawan pertama tim asuhan Jackson Tiago di musim kompetisi Liga 1 di Stadion Klabat Manado.

Kemudian pada 7 Maret giliran Borneo FC menantang Persipura. “Bolamania” Manado dan Sulut pada umumnya pun akan mendapat tontonan segar pentas sepakbola tanah air, baik Liga I maupun Liga II yang dilakoni Sulut United.

(kid/bolasport)