Sekretaris Dewan Kehormatan PWI: Sudah Lebih 15.000 Wartawan Indonesia Berkompeten -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Sekretaris Dewan Kehormatan PWI: Sudah Lebih 15.000 Wartawan Indonesia Berkompeten

editor: komentar.id
Senin, 27 Januari 2020

Sekretaris Dewan Kehormatan PWI, Sasongko Tedjo, memberi arahan dalam pembukaan UKW di Kantor Tribun Manado, Senin (27/01-2020). (File Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat Sasongko Tedjo menyebut sudah 15.000 lebih wartawan di Indonesia yang dinyatakan berkompeten. 

Hal ini diutarakannya dalam kegiatan pembuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang dihelat di Kantor Tribun Manado, Jalan AA Maramis, Kairagi, Senin (27/01-2020).

“UKW di Indonesia sudah dimulai sejak 2010. Sudah lebih 15.000 wartawan di Indonesia dinyatakan berkompeten, baik wartawan muda, madya maupun utama,” kata Sasongko. 

Dia memuji Tribun Manado yang memrakarsarai sekaligus menyelenggarakan UKW secara in-house. 

“Ini luar biasa yah. Tidak banyak yang bisa melaksanakan UKW secara in-house. Dulu orang gampang mengaku wartawan, sekarang tidak lagi. Akan tiba saatnya semua wartawan harus UKW,” tegas Sasongko.

Ketua PWI Sulut Voke Lontaan menyampaikan rasa bangganya terhadap pelaksanaan UKW. Apalagi, UKW PWI ke 24 ini, diutus para penguji yang merupakan wartawan senior sekaligus pemimpin redaksi.

“UKW ini sudah menjadi salah satu syarat dari Dewan Pers. Ada tiga kategori dalam UKW, yakni muda, madya dan utama. Semoga para peserta bisa mendapat hasil terbaik dan dinyatakan berkompeten,” ungkap Voke.

Diketahui, UKW ke-24 ini diikuti 18 wartawan dari sejumlah media dari Manado dan Bolmong.

Para penguji masing-masing Sasongko Sutejo, Firdaus Madeli dan Nurhayana Kamar, ketiganya dari PWI Pusat, menggodok para peserta. 

Umumnya peserta UKW diuji kemampuannya menyangkut teknik peliputan, wawancara door stop, penulisan berita, rapat redaksi serta wawasan dan pengetahuan soal kode etik jurnalist dan hukum pers.

Menarik, dalam sesi pertama yakni teknik peliputan dan wawancara door stop, menghadirkan Kepala OJK Sulut, Gorontalo dan Malut, Slamet Wibowo.

(kid)