Pemkot Manado Targetkan Penerimaan Pajak 2020 Sebesar Rp 359 Miliar -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Pemkot Manado Targetkan Penerimaan Pajak 2020 Sebesar Rp 359 Miliar

editor: komentar.id
Selasa, 14 Januari 2020



Manado, KOMENTAR.ID

Pemerintah Kota Manado menargetkan penerimaan pajak dan retribusi tahun ini sebesar Rp 359 miliar. Target ini naik signifikan dibanding 2019 yang hanya dipatok sebesar Rp 317 miliar.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Manado Drs Harke Tulenan MSi melalui Kabid Pajak Drs Ricky Eddy Pesik menjelaskan, naiknya target pajak disesuaikan dengan bertambahnya objek pajak di penghujung tahun 2019.

“Objek pajak bertambah, otomatis target pajaknya naik. Tapi kali ini kenaikannya cukup signifikan. Kita harus kerja lebih keras lagi,” ujar Pesik di Kantor Bapenda Manado, Selasa (14/01-2020).

Kepala Bapenda Drs Harke Tulenan bersama Walikota Manado Vicky Lumentut. (File Komentar.ID)

Meski naik cukup tinggi, namun Bapenda Manado menurutnya optimis bisa merealisasikan pajak dan retribusi tahun ini.

Ada sejumlah komponen pendapatan yang menurutnya terus digenjot. Itu yakni dari sektor pajak, retribusi, serta bagi hasil dari provinsi dan juga pusat.

Menurut Pesik, sejauh ini pajak rumah makan masih menjadi primadona pendapatan daerah. Dari total target yang ada, pajak restoran bisa menyuplai sampai pada angka Rp 90-an miliar.

Namun situasi ini berbanding terbalik dengan penerimaan dari sektor Pajak Bumi dan Bangungan. Di mana PBB tidak menunjukan grafik positif terhadap penerimaan.

Terinformasi, target PBB bahkan nyaris ‘tidur’ karena tidak mengalami kenaikan target yang berarti. Sejak 2014 sampai 2020, target PBB hanya berada di kisaran Rp 30-an miliar.

(kid)