Mona Apresiasi Dana Duka, Tapi Minta Pemkot Perhatikan Nasib Warga Sekitar TPA -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Mona Apresiasi Dana Duka, Tapi Minta Pemkot Perhatikan Nasib Warga Sekitar TPA

editor: komentar.id
Rabu, 15 Januari 2020

Anggota DPRD Manado Fraksi Gerindra, Mona Kloer SH MH. (Istimewa/Dok Pribadi)


Manado, KOMENTAR.ID

Legislator Partai Gerindra Mona Claudia Kloer SH MH mengapresiasi langkah Pemkot Manado yang menaikan santunan dana duka sebesar 100 persen. Meski begitu, politisi cantik ini meminta pula pemerintah untuk memerhatikan nasib para warga yang bermukim di sekitar Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Sumompo.

“Pada dasarnya mensupport setiap hal baik untuk masyarakat. Tapi saya akan sangat mengapresiasi kalau pemerintah juga concern dengan kemaslahatan peduduk seputaran TPA,” ujar Mona memberi tanggapan via WhatsApp, Selasa (14/01-2020) malam. 

Dia meminta pemerintah fokus terhadap masalah persampahan yang saat ini menurutnya mendesak untuk dilakukan. Mona mengatakan, selama duduk di lembaga dewan, pemerintah sepertinya kurang akal dan tidak mendapatkan solusi apik untuk memberantas persoalan sampah yang kian menggunung di TPA Sumompo. 

“Saya akan sangat mengapresiasi kalau pemerintah pun fokus juga untuk kompensasi masyarakat terdampak masalah sampah. Ini juga mematikan, kiranya semangat baru dalam perda persampahan bisa diprioritaskan,” tegasnya. 

Dia menyebut, dalam Perda Pengolaan Persampahan Kota Manado Tahun 2019 yang baru saja diketuk, pemerintah wajib memberikan kompensasi terhadap masyarakat orang perseorangan, kelompok dan atau badan hukum yang terkena dampak negatif yang ditimbulkan karena pengolaan sampah di TPA. 

“Itu tertuang dalam pasal 37 ayat 1. Dalam poin atau ayat selanjutnya juga ditegaskan kompensasi terhadap itu harus dianggarkan dalam APBD. Jujur kalau soal naiknya dana duka, saya belum melihat postur anggarannya di APBD. Saya banggar (badan anggaran) tapi tidak tahu soal dana duka,” tukasnya.

(kid)