Harga Kopra Membaik, Sinegritas ODSK dan RRRD Untungkan Masyarakat Minahasa -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Harga Kopra Membaik, Sinegritas ODSK dan RRRD Untungkan Masyarakat Minahasa

editor: komentar.id
Sabtu, 11 Januari 2020

Gubernur Sulut Olly Dondokambey (kaos merah) bersama sejumlah petani kopra. (Istimewa/FB Rafly Likuajang)


Tondano, KOMENTAR.ID

Petani kelapa di Kabupaten Minahasa kembali bergembira. Harga kopra di daerah ini terus mengalami kenaikan. Dari sebelumnya Rp 5.000/kg, kini harga kopra naik menjadi Rp 8.000/kg.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Minahasa Yeittij Roring mengatakan bahwa hal itu tak lepas dari intervensi Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw kepada pemerintah pusat.

“Sinergitas Pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa dalam hal ini ODSK dan Pak Bupati Royke Octavian Roring dan Pak Wakil Bupati Robby Dondokambey (RRRD) menguntungkan masyarakat Minahasa. Hal ini dikarenakan Pemprov Sulut mampu mengumpulkan pihak pembeli pada 2018 agar membeli komoditas itu dengan harga layak,” ungkap Roring, Rabu (08/01-2020).

Menurut Roring, sesuai dengan instruksi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Kindangan bahwa pihaknya berharap kelompok petani kelapa di Kabupaten Minahasa dapat terus berinovasi mengolah berbagai produk turunan kelapa lainnya diluar kopra.

“Produk turunan kelapa jika diolah dengan baik bernilai ekonomi tinggi. Ini upaya juga meningkatkan perekonomian daerah,” kuncinya.

Diketahui, Pemprov Sulut juga melakukan upaya lainnya, yaitu dengan mengembangkan industri minyak goreng kelapa skala kelompok tani melalui pemberian bantuan mesin produksi minyak kelapa untuk kelompok tani yang akan mengelola industri minyak goreng kelapa.

Adapub sebelumnya, harga kopra berada di kisaran Rp 5.000/kg, dan terus merangkak naik hingga kini di awal tahun 2020, harga di tingkat petani telah menembus nilai Rp 8.000 per kilogram.

(wmt)