Hadirkan Tiga Unit Damkar Mini di Boltim, Mamonto: Sesuaikan dengan Kebutuhan -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Hadirkan Tiga Unit Damkar Mini di Boltim, Mamonto: Sesuaikan dengan Kebutuhan

editor: komentar.id
Rabu, 22 Januari 2020

Tiga unit armada damkar baru Pemerintah Kabuparen Bolaang Mongondow Timur. (Daud Timpal/Komentar.ID)

Boltim, KOMENTAR.ID

Guna mengantisipasi terjadinya kasus atau musibah kebakaran yang tidak diinginkan warga, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) langsung menindaklanjuti dengan pengadaan fasilitas armada pemadam kebakaran (damkar).

Bupati Bolaang Mongondow Timur Sehan S Landjar SH melalui Kepala Bagian Umum Abdal Mamonto SSos menjelaskan, saat ini pemerintah telah menghadirkan tiga unit damkar di Boltim. 

Tiga unit mobil semprot air itu yakni jenis Toyota Hilux Rescue Single Fire Cabin, dengan kapasitas volume 600 liter. Mamonto beralasan dipilihnya jenis kendaraan tersebut, karena menyesuaikan dengan kebutuhan dan keterbatasan anggaran.

"Untuk total anggaran yang digunakan tiga unit damkar itu yakni sekira Rp 1 miliar,"ujar Abdal kepada wartawan di kantornya, Rabu (22/01-2020).

Kabag Umum Setda Boltim, Abdal Mamonto. (Daud Timpal/Komentar.ID)

Hal ini menurutnya jauh lebih irit ketimbang membeli armada damkar jenis truk. Lagi pula, lanjut  Mamonto, pihaknya sengaja menyiapkan kendaraan jenis tersebut karena dinilai praktis dapat menjangkau pada lokasi sempit atau jalan lorong dengan gesit.

Untuk pengelolaannya pemerintah menyerahkan kepada Satuan Polisi Pamong Praja setempat. Dia berharap kendaran tersebut dapat dipergunakan dengan baik sesuai petunjuk.

"Rencananya sebagaimana kerinduan Pak Bupati supaya semua kecamatan di Boltim akan memiliki satu unit kendaraan Damkar,“ tukas Mamonto.

(dax)