Komisi III DPRD Manado Terima Aspirasi Buruh Sampah -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Komisi III DPRD Manado Terima Aspirasi Buruh Sampah

editor: rolly_sondakh
Jumat, 31 Januari 2020


Komisi III DPRD Manado Terima Aspirasi Petugas Sampah Kecamatan. (File Istimewa)
Manado,KOMENTAR.ID

Komisi III DPRD Kota Manado menerima sedikitnya belasan buruh sampah yang tergabung dalam asosiasi petugas kebersihan di Kecamatan Jumat (31/01/2020).

Kunjungan itu, mereka ingin melaporkan belum terbayarnya upah bulan Desember, serta belum ada jaminan ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) dan kesehatan (BPJS).

Ketua Komisi Ronny Makawata dan Sekretaris Komisi Royke Anter yang menerima aspirasi itu menanggapi dengan memastikan secepatnya mendapat perhatian dari pemerintah, khususnya soal kesehatan.

"Kami tentunya akan lakukan koordinasi bersama dengan rekan-rekan di komisi I dan IV, karena ini juga berhubungan dengan tuposi sebagai mitra kerja. Selanjutnya akan memanggil instansi terkait guna mencarikan solusi," ujar Makawata.

Senada disampaikan Royke Anter, kata dia pentingnya jaminan kesehatan bagi para petugas kebersihan, dikarenakan punya resiko tinggi dalam lakukan pekerjaan. "Mereka ini seharusnya menjadi prioritas berkaitan dengan jaminan kesehatan, karena pekerjaannya sangat rentan dengan penyakit. Intinya aspirasi akan diperjuangkan," terang Anter.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado, Treesje Mokalu yang kebetulan hadir pada saat itu menjelaskan, khususnya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja dari petugas kebersihan di DLH telah terpenuhi.

“Petugas kebersihan di DLH, seluruhnya sudah diikutsertakan sebagai peserta BPJS, dan di 2020 ini saya fokus pada penataan administrasi dan pengelolaan keuangan, agar kedepan tidak ada keterlambatan BBM dan gaji THL,” pungkas Mokalu.

(red)