Dewan Pers: Kerja Sama Pemerintah Harus dengan Media Terverifikasi, Itu Terlalu Keras -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Dewan Pers: Kerja Sama Pemerintah Harus dengan Media Terverifikasi, Itu Terlalu Keras

editor: komentar.id
Kamis, 30 Januari 2020

Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Internasional Dewan Pers, Agus Sudibyo, diwawancarai wartawan usai Media Gathering KPU Sulut, di Aryaduta Hotel Manado, Rabu (29/01-2020). (File Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Dewan Pers tidak pernah menyebut syarat media yang melakukan kerja sama dengan pemerintah, lembaga atau instansi, haruslah media yang telah terverifikasi di Dewan Pers. 

Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Internasional Dewan Pers Agus Sudibyo menegaskan, yang dilakukan Dewan Pers sejauh ini hanyalah mendorong media untuk melakukan verifikasi, baik secara administrasi maupun faktual.

“Dewan Pers belum pernah mengatakan 
syarat suatu media bekerja sama dengan pemerintah atau lembaga adalah media yang telah terverifikasi. Dewan Pers tidak punya syarat itu. Itu terlalu keras,” kata Agus Sudibyo saat menjadi keynote speaker Media Gathering KPU Sulut, di Aryaduta Hotel Manado, Rabu (29/01-2020).

Sebaliknya menurut dia, Dewan Pers akan melawan ketika nantinya ada lembaga atau instansi pemerintah yang menolak media karena adanya kritikan-kritikan terhadap kinerja lembaga atau pemerintah.

“Misalnya ada kritikan dari media lantas ditolak pemerintah, itu bisa dilapor. Tapi tentunya Dewan Pers akan melihat juga. Intinya akan didorong agar media melakukan verifikasi di Dewan Pers,” bebernya.

“Setiap institusi itu kan punya hak. Dia mau iklan ke mana tergantung dia. Begitu juga kalau dia mensyaratkan harus punya sertifikasi media, itu hak dia, itu hak dia. Tapi kalau dia pejabat publik, institusi publik, iya kan, pemda, dia tidak boleh mensyaratkan, saya hanya beriklan di media yang positif terus, nah itu baru melanggar prinsip. Prinsip independensi media. Kalau itu gak bisa. Kalau itu terjadi, Dewan Pers akan mempersoalkan itu,” tukasnya.

(kid)