Bawaslu Manado Diduga Rekrut Anggota Partai Politik Jadi Panwas Kecamatan -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Bawaslu Manado Diduga Rekrut Anggota Partai Politik Jadi Panwas Kecamatan

editor: komentar.id
Kamis, 16 Januari 2020

Oknum Panwascam Singkil (lingkar biru) yang disebut-sebut anggota partai politik. (Istimewa/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Manado telah merekrut bahkan melantik jajaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada Serentak Kota Manado tahun 2020. Namun dari 33 personil panwacam yang dilantik, satu diantaranya ditengarai merupakan anggota partai politik, dalam hal ini PSI.

Dari foto yang diterima redaksi, oknum tersebut terlihat aktif terlibat dalam kegiatan PSI. Bahkan tak tanggung-tanggung, dalam foto juga, Ally Mutardho, oknum panwascam dimaksud, tampak mengenakan atribut PSI.

“Itu foto saat kegiatan Pileg 2019 lalu. Patut diduga yang bersangkutan anggota PSI. Istrinya juga kalau tidak salah caleg PSI,” beber sumber kepada Komentar.ID, Kamis (16/01-2020) sore.


Dikonfrontir soal ini, Anggota Bawaslu Manado Heard CC Runtuwene, langsung membantah. Heard membantah bila Ally Mutardho yang telah dilantik sebagai pimpinan Panwascam Singkil, adalah anggota partai politik.

“Kami sudah klarifikasikan hal ini ke yang bersangkutan. Dia membantah. Soal dia pakai jaket, katanya itu kebetulan karena mendampingi istrinya sebagai caleg waktu Pileg 2019,” ujar Heard via telepon sore tadi.

Selain melakukan klarifikasi, Bawaslu Manado menurutnya juga sudah melakukan penelusuran melalui portal KPU. Dan nama yang bersangkutan tidak ada dalam struktur PSI.

“So cek di portal KPU tidak ada namanya. Dia juga sudah bikin pernyataan kalau terbukti dia siap mundur,” kunci Heard Runtuwene.

(kid)