Media Gathering KPU Sulut, Ardiles Sentil Peran Pers dalam Pemilihan Serentak 2020 -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Media Gathering KPU Sulut, Ardiles Sentil Peran Pers dalam Pemilihan Serentak 2020

editor: komentar.id
Rabu, 29 Januari 2020

Media Gathering KPU Sulawesi Utara di Aryaduta Hotel Manado, diikuti puluhan wartawan, Rabu (29/01-2020). (File Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Utara menggelar media gathering di Aryaduta Hotel Manado, Rabu (29/01-2020). Media gathering diikuti puluhan wartawan berbagai media serta menghadirkan pembicara dari Dewan Pers.

Dalam kegiatan itu, Ketua KPU Sulut Ardiles MR Mewoh menyentil pentingnya peranan pers. Katanya, pers memiliki peranan penting dalam menyukseskan tahapan pemilihan serentak tahun 2020.

“Karenanya KPU tetap membutuhkan media massa dalam menyosialisasi program serta kegiatan, agar diketahui masyarakat luas,” terang Ardiles.

Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh. 

Menurutnya masyarakat harus dilibatkan dalam semua tahapan pemilihan. Selain itu, program dan kegiatan KPU juga wajib diinformasikan ke masyarakat luas.

“Baik menyangkut tahapan, program, kegiatan, termasuk anggaran yang dikelola KPU harus diketahui masyarakat. Postur anggarannya seperti apa, kami berkehendak itu diketahui publik. Dan dalam mewujudkan hal ini tentunya dibutuhkan peran dari teman-teman pers,” kata Ardiles.

Dia menyebut KPU Sulut menerima anggaran sebesar Rp 220 miliar lebih dari APBD Sulut untuk melaksanakan pilkada serentak tahun ini. 

Suasana Media Gathering KPU Sulawesi Utara. 

Dan agar pengelolaan anggaran ini diketahui publik, KPU Sulut menurutnya akan segera melaunching Festival Anggaran yang merupakan program agar masyarakat bisa mengetahui pengelolaan anggaran yang ada.

“Selain itu semua, kami juga di KPU membutuhkan media untuk sama-sama menangkal hoax atau informasi tidak benar selama tahapan pilkada,” tukasnya.

Diketahui, media gathering ini mengangkat tema Mekanisme dan Proses Penyelenggaraan Pemilihan Tahun 2020 Dalam Keterbukaan Informasi Publik.

Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo turut hadir dan memberikan materi, umumnya terkait peta persaingan dan ketidakberimbangan antara media konvensional dan media sosial.

Foto bersama kalangan wartawan seusai Media Gathering. 

Hingga berita ini dipublish, media gathering masih berlangsung dengan pembicara Salman Saelangi selaku Kepala Divisi SDM dan Hupmas KPU Sulut serta moderator Amanda Komaling.

(kid)