Ulang Tahun Ke-83, Paus Fransiskus Didoakan Umat Katolik Sedunia -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Ulang Tahun Ke-83, Paus Fransiskus Didoakan Umat Katolik Sedunia

editor: hut_kamrin
Selasa, 17 Desember 2019

Paus Fransiskus / Foto: Istimewa 

Vatikan, Komentar. ID - Pemimpin Gereja Katolik Roma sekaligus kepala negara Vatikan Paus Fransiskus berusia 83 tahun, pada Selasa (17/12/2019) hari ini. Pada usia ke-83 ini, Sri Paus didoakan umat Katolik sedunia.

Melansir Wikipedia, Paus bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu lahir di Argentina, 17 Desember 1936. Ia terpilih sebagai Paus pada hari kedua Konklaf Kepausan 2013, tanggal 13 Maret 2013.

Ia adalah Uskup Agung Buenos Aires, Argentina. Sebelumnya, ia diangkat sebagai Kardinal pada tahun 2001 oleh Paus Yohanes Paulus II. Paus Fransiskus fasih berbicara dalam bahasa Spanyol, Italia, dan Jerman.

Paus memiliki moto hidup Miserando atque eligendo (Rendah Hati dan Terpilih" atau "Tuhan telah berkenan mengasihi aku dan akhirnya memilih aku").
Paus Fransiskus merayakan ulang tahun ke-81, bersama anak-anak. Foto: Google image

Paus Fransiskus adalah imam Yesuit pertama dan orang Amerika Latin keturunan Italia pertama yang terpilih sebagai Paus. Ia juga menjadi Paus non-Eropa pertama sejak Paus Gregorius III dari Siria wafat pada tahun 741.

Sebagai Paus, ia telah melakukan perjalanan pastoral ke Korea Selatan, Brazil, Filipina, serta Sri Lanka dan mengunjungi Amerika Serikat serta Kuba pada September 2015. Tahun 2019 ini, Paus berkunjung ke Asia yakni Thailand dan Jepang. (***)