Sasar Pemuda Putus Sekolah, Jurusan Teknik Elektro Polimdo Gelar PKM di Desa Lilang -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Sasar Pemuda Putus Sekolah, Jurusan Teknik Elektro Polimdo Gelar PKM di Desa Lilang

editor: komentar.id
Rabu, 04 Desember 2019

Suasana PKM yang dilaksanakan Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado. (Istimewa/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado (Polimdo) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat atau PKM. Kegiatan yang melibatkan lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di Desa Lilang, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. PKM ini melibatkan kelompok pemuda putus sekolah yang ada di desa tersebut.

“PKM merupakan kegiatan pemberdayaan pemuda putus sekolah di desa mitra, yang sebelumnya sudah di ajarkan pengetahuan listrik dasar pada program PKM Tahun 2017,” ungkap Ketua Tim Josephin Sundah didampingi Herry Makapedua sebagai anggota,” Selasa (03/12-2019).

Menurutnya, berdasarkan permasalahan yang di alami oleh para perserta pelatihan terdahulu di Desa Lilang, ditemukan masih kurangnya pengetahuan tentang pemasangan instalasi listrik rumah bertingkat, serta sistem pengamannya dan cara menangani gangguan yang di timbulkan.

“Maka para peserta meminta untuk diadakan pelatihan  lebih lanjut untuk mendalami bidang kelistrikan khususnya pemasangan instalasi listri pada rumah bertingkat,” ungkapnya. 

Melihat minat dan antusias dari peserta tentang ilmu pengetahuan dibidang kelistrikan dan untuk menjadi pekerja yang profesional, dikatakan Sundah bahwa perlu diadakan pelatihan tingkat lanjut untuk  keterampilan listrik rumah tingkat sebagai transfer ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) terhadap kelompok tersebut.

“Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan keterampilan peserta pelatihan dalam memasang instalasi listrik rumah bertingkat, mengidentifikasi gangguan. Penyuluhan dilakukan secara partisipatif sehingga materi-materi yang diberikan akan dengan cepat dimengerti oleh peserta,” katanya.

Menurutnya, cara tersebut adalah gabungan pelatihan bentuk ceramah, diskusi, dan praktek langsung.

“Target dan luaran yang ingin dicapai  adalah ketrampilan instalasi listrik rumah bertingkat, kemampuan menginstalasi listrik rumah bertingkat, dan Sertifikasi Keahlian Instalasi Listrik,” tutup dosen low profile ini.

(sym)