Rektor UNPI Manado Ikuti Ujian Tertutup Doktor -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Rektor UNPI Manado Ikuti Ujian Tertutup Doktor

editor: komentar.id
Kamis, 12 Desember 2019

Rektor UNPI Manado (dua kanan) foto bersama tim penguji dan promotor. (Istimewa/Dokumentasi Pribadi)

Manado, KOMENTAR.ID

Rektor Universitas Pembangunan Indonesia (UNPI) Manado Dra Debby Ch Rende MSi yang juga mahasiswi Program Doktoral (S3) Ilmu Lingkungan Universitas Brawijaya pada tanggal 7 Desember 2019 mengikuti ujian tertutup untuk memperoleh gelar doktor.

Ujian tertutup yang akan dilakukan di gedung Pascasarjana Universitas Brawijaya, itu untuk menguji kompetensi hasil penelitian yang dilakukan di lapangan yang dibuat dalam bentuk disertasi.

Salah satu penguji Prof Dr Gatot Ciptadi DESS mengatakan ujian tertutup merupakan salah satu upaya penguji untuk mengetahui penguasaan materi hasil penelitian berbentuk disertasi, sebelum memperoleh gelar Doktor.

Menurut dia, pada saat ujian, penguji mengupas secara detail hasil penelitian yang telah dilakukan di lapangan untuk memastikan apakah benar-benar menguasai hasil penelitian yang telah dibuat.

“Untuk menjadi seorang Doktor tidak gampang, harus diuji dari kulit ke kulit, ujian tertutup ini untuk mengetahui apakah peserta menguasai atau tidak hasil penelitiannya di lapangan,” ujar KPPS PDIL ini.

Setelah mengikuti ujian tertutup, tahapan selanjutnya menurut dia, Rektor UNPI Manado kembali akan mengikuti ujian terbuka yang waktunya akan ditentukan kemudian oleh tim penguji.

“Dalam waktu dekat ibu Debby Rende akan mengikuti ujian terbuka,” kata dia.
Sebelumnya, Rektor UNPI Manado telah memaparkan hasil penelitian dihadapan para penguji. Disertasi yang dipaparkan berjudul; Strategi Pengelolaan Sampah Secara Berkelanjutan Sebagai Objek Wisata Edukasi di TPA Sumompo Kota Manado.

Sidang tertutup disertasi itu dipimpin Prof Dr Gatot Ciptadi DESS IPU, promotor Prof Dr Ir Zaenal Fanani MS, Co Promotor Dr Ir Harsuko Riniwati MP, Co Promotor Dr Ir Bagyo Yanuwiadi.

(lib)