Genjot Sektor Pariwisata Manado, MDT: Harus Kedepankan Kenyamanan Turis -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Genjot Sektor Pariwisata Manado, MDT: Harus Kedepankan Kenyamanan Turis

editor: komentar.id
Sabtu, 14 Desember 2019

Martin Daniel Tumbelaka (tengah) foto bersama sejumlah personil Kabasaran. (Istimewa/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Pariwisata telah menjadi leading sector pembangunan di Kota Manado. Manado akan berkembang dan maju bila sektor pariwisata dimaksimalkan dengan baik, tanpa mengenyampingkan sektor lainnya.

“Pariwisata salah satu objek terdepan yang dimiliki Kota Manado, namun memang perlu dimaksimalkan dalam hal kenyamanan,” ujar kandidat Walikota Manado, Martin Daniel Tumbelaka (MDT) ditemui wartawan di MM Cafe, Kompleks Bumi Beringin Manado, Sabtu (14/12-2019) malam.

Kenyamanan dimaksud MDT yakni soal wisatawan yang berkunjung. Banyak turis menurutnya berkomentar kurang nyaman ketika berada di Manado. Makanya jarang turis bertahan dan atau kembali lagi berkunjung ke kota ini.

“Jadi pariwisata tidak hanya mengedepankan infrastruktur, tapi perlu dimaksimalkan juga menyangkut kenyamanan turis yang datang. Mulai dari bandara, perhotelan, tempat kiliner dan sebagainya. Kenyamanan menjadi bagian tak terpisahkan dalam kita memajukan pariwisata daerah,” urai MDT.

Menurutnya, teknologi sudah maju dan berkembang pesat. Warga dunia bisa mengetahui pariwisata Kota Manado melalui internet dan sebagainya. Namun disayangkan bila akhirnya turis asing yang datang tidak mendapatkan kenyamanan.

“Termasuk juga keberadaan tour guide. Ini harus diperhatikan bersama. Tour guide lebih banyak lebih bagus. Dan lebih bagus juga memanfaatkan potensi SDM lokal Manado,” beber MDT.

Dia mengatakan, bila Tuhan berkenan dan masyarakat memercayakan, sektor pariwisata Kota Manado akan dikembangkan dengan maksimal sehingga masyarakat Kota Manado akan diuntungkan.

“Tujuan dari semua itu adalah masyarakat sejahtera. Bila pariwisata Manado maju pastinya sektor pembangunan akan ikut tergerak maju. Manado itu sudah punya potensi pariwisata, tinggal bagaimana memaksimalkannya,” tukas Martin Daniel Tumbelaka.

(kid)