Calon THL Pemkot Manado di Tes Hari Ini, Pesertanya Tembus 5070 Orang -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Calon THL Pemkot Manado di Tes Hari Ini, Pesertanya Tembus 5070 Orang

editor: komentar.id
Sabtu, 28 Desember 2019

Ribuan calon THL mengikuti pembekalan sebelum tes tertulis dan wawancara di Ruangan Serbaguna Kantor Walikota Manado, Sabtu (28/12-2019). (Istimewa/Allen Sumerah)

Manado, KOMENTAR.ID

Warga rupanya begitu berselera untuk menjadi Tenaga Harian Lepas (THL) di Pemkot Manado. Sebagai bukti, jumlah pelamarnya tercatat sebanyak 5070 orang. Mereka pun mulai di tes di Ruangan Serbaguna Kantor Walikota Manado, Sabtu (28/12-2019) hari ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Xaverius Runtuwene SIP mengatakan, para pelamar akan melewati dua tahapan tes, yakni tertulis dan wawancara.

“Mereka yang ke tahapan ini setelah sebelumnya dinyatakan lulus berkas atau administrasi,” jelas Xave sapaan akrabnya  dihubungi via WhatsApp, Sabtu (28/12-2019).

Dijelaskan, jumlah pelamar membludak karena menggunakan metode seleksi. Berbeda dengan sistem perekrutan waktu lalu yang hanya diplot sesuai kebutuhan SKPD.

Para pegawai honor atau THL incumbent Satpol PP juga mengikuti seleksi tertulis dan wawancara. (Istimewa/Allen Sumerah) 

Dari 5070 pelamar, Xave mengatakan kemungkinan besar yang akan diakomodir hanya separuhnya saja, atau berkisar 2500 orang.

“Memang ada pengurangan jumlah THL untuk tahun 2020. Kami menyesuaikan dengan anggaran. Jadi, kalau SKPD menganggarkan gaji untuk THL selama delapan bulan, kami tarik sampai 12 bulan. Otomatis jumlah THL menjadi berkurang,” urainya.

Di satu sisi dia memastikan perekrutan THL tanpa intimidasi atau titipan pihak luar. Sebagai bukti para pelamar harus menempuh seleksi berkas, tes tertulis dan wawancara.

Sedangkan dari pantauan, ribuan calon ‘PNS imitasi’ saat ini sedang mengikuti pembekalan untuk selanjutnya menjalani tes tertulis dan wawancara.

(kid)