Bawaslu Minahasa Perpanjang Pendaftaran Panwascam di 10 Kecamatan -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Bawaslu Minahasa Perpanjang Pendaftaran Panwascam di 10 Kecamatan

editor: komentar.id
Kamis, 05 Desember 2019

Pimpinan Bawaslu Minahasa Donny Rumagit diwawancarai wartawan di Kantor Bawaslu Minahasa, Kamis (05/12-2019). (File Komentar.ID)

Tondano, KOMENTAR.ID

Bawaslu Minahasa melakukan masa perpanjangan pendaftaran untuk calon anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam, di 10 kecamatan yakni Tondano Utara, Tondano Timur, Kakas Barat, Langowan Timur, Langowan Barat, Langowan Utara, Tompaso Barat, Lembean Timur, Kawangkoan Utara dan Kawangkoan Barat. 

Perpanjangan masa pendaftaran dilakukan karena jumlah pendaftar memenuhi syarat administrasi kurang dari ketentuan minimal, yakni enam orang.

Komisioner Bawaslu Minahasa Donny Rumagit mengatakan, perpanjangan pendaftaran dilakukan sesuai petunjuk teknis, di mana kecamatan yang belum memenuhi kuota maka dilakukan perpanjangan.

“Ada 10 kecamatan yang hingga saat ini belum memenuhi syarat administrasi,” ungkap Rumagit, di Kantor Bawaslu Minahasa, Kamis (05/12/2019).

Menurutnya, penerimaan berkas masa perpanjangan mulai tanggal 6 sampai 10 Desember. Pendaftaran dibuka tiap hari termasuk Sabtu dan Minggu di Kantor Bawaslu Kabupaten Minahasa.

“Jika sampai batas waktu yang ditentukan tidak terpenui, maka akan tetap dilanjutkan ketahapan selanjutnya,” seloroh Donny.

Di satu sisi, meski diperpanjang, dia memastikan tes tertulis tetap digelar pada 13-17 Desember 2019. Tes tertulis tersebut akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). 

Rumagit juga mengatakan, metode ini sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwascam yang dikeluarkan Bawaslu RI dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi.

“Tes tertulis tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal pada tangga 13-17 Desember mendatang,” tutupnya sembari menginformasikan pengumuman calon terpilih akan dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2019 dan pelantikan pada tanggal 22 Desember 2019. 

Panwascam nantinya disebar ke 25 kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa. Setiap kecamatan bakal diisi oleh tiga panwascam yang bertugas mengawasi jalannya Pilkada 2020.

(sym)