Bamsoet Minta Erick Tohir Pidanakan Ashkara -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Bamsoet Minta Erick Tohir Pidanakan Ashkara

editor: hut_kamrin
Minggu, 08 Desember 2019

Bambang Soesatyo / Foto : CNN Indonesia 

Jakarta, Komentar.ID - Kasus penyelundupan Harley Davidson bekas dan sepeda Brompton yang menyeret nama Dirut PT Garuda Indonesia Ari Ashkara berpeluang ke ranah pidana. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), meminta Menteri BUMN Erick Tohir agar memidanakan Ashkara yang dianggap menyalaggunakan jabatan dan merugikan negara.

"Saya minta kepada saudara Erick Thohir, disamping melakukan pemecatan juga memproses kasus ini ke meja hijau," ujar Bamsoet di Jakarta Utara, Sabtu (7/12) seperti dilansir Antara.

Bamsoet menjelaskan terkait dengan perilaku dan tindakan mantan Dirut Garuda, bagi perwakilan rakyat dan masyarakat di Indonesia tidak cukup dengan pemecatan, tetapi harus dituntaskan pidananya.

"Karena penyeludupan itu adalah pidana dan unsur itu tidak boleh dilepas," kata Bamsoet.
Ari Ashkara / Foto : CNBC

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir telah memberhentikan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara terkait kasus sepeda Brompton dan motor Harley yang ditemukan di dalam pesawat baru Garuda Airbus A330-900 oleh Bea Cukai.

Terpisah, Polda Metro Jaya hingga Jumat (6/12) belum menangani kasus penyelundupan Harley Davidson yang menyeret Ari Ashkara itu.

"Kasus ini masih ditangani oleh teman-teman bea cukai dari unit penindakan, kita tunggu saja nanti, kita akan koordinasi ke sana," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.

Dalam kasus ini, Dewan Komisaris Garuda Indonesia telah memutuskan untuk memberhentikan sementara waktu seluruh direksi yang terlibat baik langsung maupun tidak dalam penyelundupan Harley Davidson dan Brompton tersebut.

"Akan memberhentikan sementara waktu semua anggota direksi yang terindikasi, terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam kasus dugaan penyelundupan Harley Davidson dan Sepeda Brompton dalam penerbangan Garuda Indonesia GA9721 jenis airbus A30900 Neo yang datang dari pabrik airbus Prancis," kata Dewan Komisaris Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol kepada awak media di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (7/12).

Meski begitu, Sahal enggan membeberkan siapa saja direksi Garuda Indonesia yang dinonaktifkan sementara oleh Dewan Komisaris.

Sementara itu terkait penyelundupan Harley Davidson, Ari Askhara sendiri telah diputuskan Erick untuk dipecat dari posisinya sebagai Dirut Garuda Indonesia.

Artikel asli : CNN Indonesia