Warning! Masih Sedikit Bangunan di Manado Dilengkapi SLF -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Warning! Masih Sedikit Bangunan di Manado Dilengkapi SLF

editor: komentar.id
Jumat, 29 November 2019

Rumah, gedung dan bangunan lainnya di Manado kebanyakan belum dilengkapi SFL. Tampak sebagian sisi utara Kota Manado. (Jandry Kandores/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Pemerintah Kota Manado kini mewajibkan Sertifikat Laik Fungsi (SFL) untuk setiap pembangunan di Kota Manado. Rumah atau gedung dan bangunan lainnya wajib mengantongi SLF, mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan SLF. 

“Peraturan ini dimaksud untuk menertibkan penyelenggaraan bangunan gedung, memberikan percepatan dan kemudahan serta untuk meningkatan pelayanan atas perizinan gedung. Di Manado, mulai diterapkan tahun ini,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Manado, Peter KB Assa, di Manado, baru-baru ini. 

Assa tak memungkiri masih sedikit bangunan yang mengantongi SLF di Manado. Padahal SLF merupakan sebuah dokumen wajib untuk menyatakan bangunan telah memenuhi persyaratan kelaikan teknis sesuai mutu dan fungsi bangunan. 

“Tanpa SLF, gedung tidak bisa digunakan secara legal,” jelasnya mantan Kepala Bappeda itu. “Untuk mempercepat rekomendasi SLF kami meminta konsultan dan pemilik bangunan menandatangani surat pernyataan," tambahnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Jimmy Rotinsulu juga mengakui baru beberapa bangunan yang mengantongi SLF. 

“Memang masih sangat minim. Padahal ini penting. Contohnya jika bangunan tidak memiliki SLF terus terjadi kebakaran maupun bangunan runtuh, pemilik bisa dipidana karena bangunan tidak layak fungsi," tandas Cha’ sapaan akrabnya.

(kid)