Bapenda Manado Inventarisir Tempat Kos -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Bapenda Manado Inventarisir Tempat Kos

editor: komentar.id
Selasa, 26 November 2019


Manado, KOMENTAR.ID

Badan Pendapatan Daerah Kota Manado sedang menginventarisir semua tempat kos di kota ini. Inventarisir atau pendataan kembali dilakukan guna mendapat jumlah pasti terkait keberadaan tempat kos, khususnya kos-kosan 10 kamar atau lebih.

Kepala Bapenda Manado Drs Harke Tulenan MSi menjelaskan, potensi penerimaan dari sektor pajak kos-kosan cukup besar. Karenanya pihak Bapenda Manado terus mengoptimalkan penarikan pajak dari objek ini. 

“Kami telah membentuk tim untuk turun melakukan pendataan atau inventarisir. Upaya ini adalah untuk mendongkrak penerimaan daerah dari pajak kos-kosan,” terang Tulenan di Manado, Selasa (25/11-2019).

Sementara Kabid Pajak Bapenda Manado Drs Recky Pesik mengakui data pajak kos-kosan yang masuk di Bapenda Manado kemungkinan tak sesuai dengan kondisi di lapangan. Salah satu hambatannya karena Bapenda Manado kekurangan tenaga sehingga belum menjangkau semua usaha kos-kosan yang tersebar di Kota Manado.

“Tapi tim sudah kami bentuk dan turun ke lapangan. Ini salah satu metode jemput bola agar pendapatan pajak bisa naik tahun depan,” tukasnya sembari menginformasikan kos-kosan dengan jumlah kamar lebih dari 10, dikenakan pajak 10
persen.

Diketahui secara total sektor pajak daerah hingga akhir Oktober lalu telah terealisasi sebesar Rp244.410.923.773 dari target Rp317.329.668.000. Bapenda Manado sendiri optimis sisa target akan terpenuhi hingga penghujung tahun nanti.

(kid)