Pasar “Ekstrem” Tomohon, Sering Dikunjungi Wisatawan, Namun Sekarang Kotor dan Bau -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Pasar “Ekstrem” Tomohon, Sering Dikunjungi Wisatawan, Namun Sekarang Kotor dan Bau

editor: komentar.id
Sabtu, 19 Oktober 2019

Pasar tradisional di Kota Tomohon terkenal ekstreem karena dagangannya yang tidak biasa.

Tomohon, KOMENTAR.ID

Kota Tomohon dewasa ini dikenal sebagai kota yang memiliki cukup banyak destinasi wisata. Selain wisata alam yang memikat hati para wisatawan domestik maupun mancanegara, pasar tradisional di Kota Tomohon juga dikenal sebagai sasaran kunjungan para wisatawan.

Laporan: Laura Sumilat
Tomohon

Pasar yang dikenal dengan julukan "Pasar Ekstrem" ini setiap hari sering dikunjungi wisatawan asing. Namun sesuai pantauan, Jumat (18/10/2019) kemarin, keberadaan pasar itu tampak begitu kotor dan menebar bau busuk.

Seorang warga yang ditemui mengungkap kekecewaannya melihat kondisi “Pasar Ekstrem” itu saat ini. "Memang pe bobou skali ini pasar, apalagi mo lewat di tampa ikang, pe nda dapa tahan skali depe bobou busuk,” keluh Jeli, Warga Walian. Dia menyayangkan kondisi ini tidak diperhatikan pemerintah. Padahal, pasar tersebut telah menjadi ikon baru Kota Tomohon.

“Sekarang orang-orang kalo mo cari kuliner yang ekstrem-ekstrem pasti datang di Pasar Tomohon. Selain turis, banyak leh pejabat dari pusat ja datang di sini. Sayang memang kalo kebersihan pasar ini nyanda diperhatikan pemerintah,” sambungnya. 

Jeli dan warga lainnya berharap, Pemerintah Kota Tomohon agar memerhatikan kebersihan serta penataan kompleks pasar tersebut. “Jadi kalo ada anggaran jangan cuma fokus di pembangunan pasar setelah itu sektor kebersihan dan penataannya tidak diperhatikan. Pemerintah melalui PD Pasar Tomohon musti jeli lihat kondisi yang ada,” tegas Alvian Runtu, salah satu aktivis Kota Tomohon.

Sayang, Dirut PD Pasar Tomohon Noldy Montolalu SE belum berhasil dimintai tanggapannya oleh wartawan.