Pajak Kendaraan Off Lima Tahun, Bapenda Sulut Beri Keringanan 100 Persen -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Pajak Kendaraan Off Lima Tahun, Bapenda Sulut Beri Keringanan 100 Persen

editor: komentar.id
Kamis, 17 Oktober 2019


Manado, KOMENTAR.ID

Bapenda Sulut terus menggenjot pendapatan asli daerah (PAD), khususnya dari sektor pajak kendaraan bermotor. Berbagai upaya pun dilakukan, termasuk memberi keringanan hingga 100 persen untuk kendaraan yang pajaknya off lima tahun ke atas.

“Pajak (kendaraan) mati atau tidak dibayar selama lima tahun atau lebih keringanannya 100 persen, empat tahun sekian persen sampai pada keringanan 50 persen,” kata Kepala Bapenda Sulut, Olvie Atteng, Rabu (16/10/2019). 

Selain upaya tersebut, beragam upaya lain juga dilakukan Bapenda Sulut untuk meningkatkan PAD dari sektor pajak kendaraan bermotor. Itu yakni dengan turun langsung melakukan penelusuran ke objek pajak atau pemilik kendaraan, door to door melaksanakan sosialisasi termasuk, labeling kendaraan menunggak pajak serta pemberian keringanan.

Olvie mengakui terobosan tersebut cukup jitu dalam memaksimalkan penerimaan pajak kendaraan bermotor. Sebagai bukti dari target PAD sebesar Rp 350 miliar realisasinya sudah berada di angka 80 persen. 

“Sudah menyentuh 80 persen. Kami optimis target tahun ini akan tercapai karena masih ada dua bulan. Tim Bapenda Sulut terus bergerak dan tidak menunggu Desember baru bergerak,” ungkapnya.

Di satu sisi birokrat low profile ini menambahkan, untuk membayar pajak ranmor, warga bisa memanfaatkan pelayanan Bapenda Sulut yang membuka outlet dibeberapa pusat keramaian termasuk melalui bank. 

“Sekarang sistemnya online dan memudahkan masyarakat. Sistem seperti ini juga sangat transparan karena setoran pajak yang dibayarkan langsung masuk ke rekening daerah,” tukasnya.

Diketahui dalam beberapa hari terakhir, Bapenda Sulut bekerja sama dengan Polda Sulut menggelar operasi kendaraan bermotor dengan sandi Mapalus Pajak. 

Operasi yang digelar dibeberapa titik ini juga menjadi resep ampuh dalam mendongkrak penerimaan dari sektor pajak kendaraan bermotor.

(kid/tr-2)