Nekat Tawar Rp 2,2 M dari Pagu Rp 3 M, Siapa PT Altraco, Pemenang Tender Proyek Lantai II Kantor DPRD Manado? -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Nekat Tawar Rp 2,2 M dari Pagu Rp 3 M, Siapa PT Altraco, Pemenang Tender Proyek Lantai II Kantor DPRD Manado?

editor: komentar.id
Selasa, 15 Oktober 2019

Proyek lantai I Kantor DPRD Manado dikerjakan tergesa-gesa akhir tahun 2017 lalu. Tampaknya pembangunan lanjutan lantai II di penghujung tahun ini, akan bernasib sama. (File/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Mungkin banyak yang belum tahu pembangunan gedung permanen lantai II Kantor DPRD Manado, sudah akan dilanjutkan di penghujung tahun ini. Pemenang tender proyek ini sudah ada, yakni PT Altraco Utama Nusantara, sebuah perusahaan yang berkedudukan di Kelurahan Mahakeret Kecamatan Wenang. 

Konon perusahaan dengan kualifikasi non kecil ini nekat menawar proyek berbanderol Rp 3.050.000.000 itu hanya dengan nilai Rp 2.269.984.251. Penawaran ini merosot jauh sekira Rp 800 juta dari nilai lelang. Dari 28 peserta tender, PT AUN melenggang mulus meski sebenarnya ada dua perusahaan lain yang menawar proyek itu hingga di angka Rp 2,8 miliar dan Rp 3 miliar. 

Sumber Komentar.ID menginformasikan, panitia tender proyek ini kurang jeli. Pertama, perusahaan pemenang diketahui merupakan perusahaan besar yang hanya bisa berkompetisi pada level proyek Rp 10 - 100 miliar. Kemudian kedua, sumber menyayangkan panitia bekerja tidak maksimal karena tidak memerhatikan prosesi tender dan waktu pekerjaan proyek.

“Dalam situasi seperti ini, perusahaan itu dikhawatirkan hanya akan ngambil duit setelah itu lari dari tanggung jawab. Bisa dibayangkan pekerjaan kontruksi bangunan lantai dua hanya akan dikerjakan sebulan lebih. Sekarang kan belum ada tanda-tanda pekerjaannya,” seloroh sumber.


Bangunan lantai I Kantor DPRD Manado dikerjakan asal-asalan. Imbasnya saat turun hujan lobi kantor menjadi becek. (File/Komentar.ID)

Pemenang tender PT AUN yang disebut-sebut dikelola Ko’ H dan disinyalir beraviliasi dengan oknum mantan Legislator Manado, belum berhasil dimintai tanggapan soal ini.

Namun, Kabag Keuangan DPRD Manado Constantine Doaly selaku pejabat pembuat komitmen (PPK), membenarkan tender proyek tersebut sudah ada pemenang. “Iya sudah ada pemenang dan penawarannya kurang lebih begitu (Rp 2,2 miliar). Saya tidak tahu siapa pemilik perusahaannya tapi perusahaan itu memang berkedudukan di Mahakeret,” tutur Tein sapaan akrabnya via telepon, Selasa (15/10/2019). 

Dia meminta wartawan untuk mencari informasi terkait pelaksanaan dan hasil tender secara langsung ke panitia bernama Brayen. Namun hingga berita ini dipublish, belum diperoleh keterangan dari panitia pelaksana tender. 

(kid)