Laris Manis di Bioskop-bioskop Manado, Awas Jangan Sembarang Nonton “Joker” -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Laris Manis di Bioskop-bioskop Manado, Awas Jangan Sembarang Nonton “Joker”

editor: komentar.id
Kamis, 10 Oktober 2019


Manado, KOMENTAR.ID

Film Joker mendapat respons positif dari masyarakat dunia, tak kecuali di Manado. Sejak pertama kali tayang, film ini laris manis. Beberapa bioskop di Manado bahkan menayang hingga di dua studio sekaligus.

Namun di sisi lain, Film Joker rupanya cukup berbahaya ditonton mereka yang punya masalah kesehatan jiwa. Dokter spesialis kejiwaan Agung Frijanto mengatakan warga yang memiliki masalah kesehatan jiwa, paparan audiovisual seperti film Joker bisa memicu timbulnya kondisi yang telah dimiliki sebelumnya.

"Jadi paparan audiovisual, terutama pada anak-anak, bisa membuat imajinasi yang berkembang. Ketakutan, cemas, mengubah perilaku dia juga," kata Agung di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, baru-baru ini. Ditemui usai temu media dalam rangka Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2019, Agung mengatakan beberapa tayangan yang mengandung banyak kekerasan, kriminal atau pemberitaan-pemberitaan tertentu, punya potensi menjadi pemicu munculnya masalah kesehatan jiwa seperti depresi atau kecemasan.

Karenanya, melansir Liputan6.com, Agung merekomendasikan bagi mereka yang merasa mengalami masalah kesehatan mental saat menonton film semacam itu, untuk memeriksakan kondisi kejiwaannya ke dokter.

Joker yang telah tayang sejak awal Oktober di Indonesia banyak mendapatkan perhatian, khususnya terkait masalah kesehatan mental di dunia. Dalam film itu, karakter badut musuh Batman yang diperankan Joaquin Phoenix memang mengalami beberapa gangguan kejiwaan seperti halusinasi, serta masalah tawa patologis. 

Dalam film ini, “Joker” mengidap tawa patologis, tawa tidak biasa yang bisa dialami sewaktu-waktu. (Istimewa/Warner Bros)

Selain itu, diperlihatkan bahwa lingkungan sosial yang buruk membentuknya menjadi sosok badut jahat yang kita kenal selama ini sebagai Joker. Namun begitu, dari pantauan, Film Joker diminati warga di Manado. Sebagai bukti, film yang sedang tayang bioskop-bioskop di Manado tak pernah sepi penonton meski bukan disaat weekend.

(lp6/vvn/kid)