Kepala Bapenda Manado Optimis Penerimaan PBB Capai Target -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Kepala Bapenda Manado Optimis Penerimaan PBB Capai Target

editor: komentar.id
Senin, 07 Oktober 2019

Kepala Bapenda Manado Harke Tulenan (kanan) berbincang bersama Walikota Vicky Lumentut. (File/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Manado Drs Harke Tulenan MSi optimis penerimaan dari sektor pajak bumi dan bangunan atau PBB tahun ini bisa capai target. Sebab menurut dia, dalam memasuki triwulan empat ini, PBB telah terealisasi sekitar 80 persen lebih.

“Ini data terbaru yang kita punya, sudah di 80 persen bahkan lebih. Dengan kata lain, realisasinya tinggal beberapa persen lagi,” ujar Harke Tulenan kepada wartawan via telepon, Senin (07/10/2019).

Mengacu data tersebut, Tulenan optimis Bapenda Manado bisa merealisasikan target hingga akhir tahun nanti. “Masih ada kurang lebih dua sampai tiga bulan untuk penuhi target itu. Dan kami optimis bisa terealisasi,” tukas Tulenan.

Sementara Kabid PBB Bapenda Manado Yunita Kumaat SE menjelaskan, target PBB dalam APBD Induk 2019 hanya sebesar Rp 27 miliar. Namun di APBD Perubahan bertambah Rp 6 miliar sehingga totalnya menjadi Rp 33 miliar. 

Dia optimis realisasi PBB tahun ini bisa tercapai. Sebab menurutnya, Kota Manado saat ini memiliki sekira 100.000 objek PBB. 

“Jadi ada 100.000 rumah atau bangunan lainnya di Manado. Ada juga wajib PBB baru yang akan membayar PBB di sisa tiga bulan ini. Jadi kami optimis target (PBB) bisa terpenuhi,” tukas Kumaat.

(kid)