Kecamatan Wenang, Sementara Tertinggi Realisasi PBB 2019 -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Kecamatan Wenang, Sementara Tertinggi Realisasi PBB 2019

editor: komentar.id
Kamis, 03 Oktober 2019

Warga telihat mengantri saat hendak membayar PBB di loket Kantor Bapenda Manado. (File/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Realisasi penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB) Kecamatan Wenang untuk sementara tercatat yang tertinggi dibanding 10 kecamatan lain. Kecamatan ini telah merealisasikan PBB sebesar Rp 6,5 miliar disusul Mapanget dan Sario (lihat tabel).


Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Manado Drs Harke Tulenan MSi melalui Kepala Bidang PBB dan BPHTB Yunita Kumaat mengatakan, sampai 1 Oktober 2019, realisasi PBB Kota Manado secara keseluruhan telah mencapai 80 persen.

“Hingga akhir triwulan ketiga 2019, PBB yang sudah diperoleh mencapai Rp 26 miliar dari Rp 33 miliar yang ditargetkan, dengan masih ada tiga bulan untuk dicapai,” katanya. Menurut Yunita, kendala yang sering ditemui di lapangan adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar PBB.

“Selain itu, memang pengembangan aplikasi online yang belum maksimal, validasi piutang yang harus dibuat, kemudian pemutakhiran data,” ungkap dia. Dia mengharapkan bantuan pihak kecamatan, kelurahan dan lingkungan untuk membantu mendorong warga membayar pajak. 

“Sebab tahun depan akan dievaluasi pembayaran pajak. Bagi kecamatan yang mencapai 100 persen akan mendapatkan reward, sedangkan yang realisasi paling bawa akan mendapatkan punishment,” pungkasnya.

(kid)