Hasil Konsultasi Komisi A, Setiap Bulan Manado Dijatahi 500 Keping e-KTP -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Hasil Konsultasi Komisi A, Setiap Bulan Manado Dijatahi 500 Keping e-KTP

editor: komentar.id
Jumat, 11 Oktober 2019

Kegiatan konsultasi Komisi I DPRD Manado di Kantor Dirjen Dukcapil, Jakarta, Jumat (11/10/2019). (Istimewa/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Komisi I DPRD Manado melakukan konsultasi ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Jumat (11/10/2019) pagi tadi. Salah satu poin konsultasi menyangkut jatah atau kuota blanko e-KTP yang disuplai ke Kota Manado.

Dalam pertemuan itu, Joko Kartiko Krisno selaku Kepala Seksie Pengelolaan Dokumen Pendaftaran Penduduk Wilayah I Dirjen Dukcapil menjelaskan, untuk Kota Manado dan daerah lainnya hanya dijatahi 500 keping atau blanko e-KTP setiap bulannya.

“Untuk tahun ini yang kita usulkan sebanyak 27.852.848 keping, namun belum semua anggarannya diberikan Kementerian Keuangan. Yang diberikan baru sebanyak 18.562.260 keping sampai akhir 2019. Jadi ini persediaan yang kita punya,” ujar Joko sebagaimana voice recorded yang diterima Komentar.ID via WhatsApp Legislator Meikel Maringka, Jumat (11/10/2019) barusan.

Karenanya menurut Joko, Sekretaris Dirjen Dukcapil selaku kuasa pengguna anggaran mengambil kebijakan bahwa belum semua daerah diberikan blanko secara besar-besaran. “Per bulan diberikan 500 keping, bila habis bulan berikutnya juga diberikan 500 keping. Jadi jangan dua minggu sekali datang. Begitu juga untuk Manado,” jelasnya.

“Jadi begini, kenapa kita ga bisa kasih dalam jumlah lebih karena dari Departemen Keuangan mengucur anggaran untuk blanko e-KTP ga seperti yang kita minta. Mungkin ada target prioritas lain dari mereka,” tambahnya.

Hal ini sendiri bisa dimaklumi Komisi I DPRD Manado. “Sebenarnya dalam konsultasi itu kami berharap ada penambahan namun sesuai penjelasan kepala seksie, itu belum bisa dilakukan,” ujar Legislator Meikel Maringka.

Diketahui kunjungan kerja Komisi I dipimpin langsung Ketua Benny Parasan bersama jajaran Vanda Pinontoan, Cristy Masengie, Jean Laluyan, Meikel Maringka dan Robert Tambuwun.

(kid)