Frederik Tangkau: Walikota Manado Berterima Kasih ke DPRD -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Frederik Tangkau: Walikota Manado Berterima Kasih ke DPRD

editor: komentar.id
Rabu, 09 Oktober 2019


Walikota Vicky Lumentut bersalaman dengan Aaltje Dondokambey saat pelantikan Anggota DPRD Manado, 14 Agustus lalu. (File/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut DEA menyampaikan ungkapan terima kasih ke jajaran wakil rakyat terhormat di DPRD Manado. Ungkapan walikota yang juga Ketua DPD Nasdem Manado ini, sebagaimana disampaikan melalui WhatsApp yang diterima Ketua Fraksi Nasdem Frederik Tangkau.

“Jadi pak wali berterima kasih atas kerja sama yang baik antara eksekutif dan legislatif selama ini. Dan ini sebenarnya yang akan saya sampaikan saat interupsi di paripurna kemarin,” ujar Didi kepada wartawan di eks Blue Ocean Cafe, Tikala, Rabu (09/10/2019) sore.

Menurut Didi, masih ada juga pernyataan lain dari Walikota Manado yang sebenarnya ingin dia sampaikan dalam paripurna itu. Namun dia kecewa interupsinya selalu dikebiri.

“Jadi selain berterima kasih, pak wali juga menyampaikan melalui WA ke saya soal peraturan walikota atau perwal yang tidak bisa menabrak aturan. Perwal dimaksud soal kenaikan beberapa item tunjangan anggota dewan,” ungkapnya.

“Pak wali tidak bisa menaikan apa yang dikehendaki karena akan bertabrakan dengan aturan. Kalau dinaikan kemudian TGR bagaimana? Soal perubahan perwal ini juga sudah dikaji oleh tim pemerintah dan dikonsultasikan. Hasilnya, memang tidak bisa dinaikan,” tambah Didi.

Didi menduga, persoalan ini menjadi salah satu faktor ambruknya bangunan alat kelengkapan dewan (AKD) di DPRD Manado, sehingga Fraksi Nasdem tidak mendapat porsi pimpinan AKD termasuk di tingkat komisi. 


Insiden “meja roboh” seusai paripurna DPRD Manado, Selasa (08/10/2019). (File/Komentar.ID)

“Namun substansi sampai saya emosi dan mendorong meja saat paripurna, karena saya tidak diberikan kesempatan untuk interupsi. Selalu dipotong. Padahal saya ingin menyampaikan ungkapan terima kasih dari walikota melalui WA. Itu pun pada interupsi terakhir. Belum juga disampaikan teman saya Hengky Kawalo langsung potong, setelah itu ibu ketua langsung memimpin doa penutup. Jadi kekecewaan saya karena itu,” urai Didi.

Kemudian khusus untuk komitmen AKD, Fraksi Nasdem diakuinya juga dihianati. Jatah ketua komisi II yang sesuai komitmen awal milik Nasdem, akhirnya berubah. “Dari awal semua sepakat mengedepankan asas kebersamaan. Idealnya Nasdem memang harus dapat ketua komisi karena peringkat tiga di lembaga, tapi sudahlah,” selorohnya.

Meski tidak mendapat apapun di AKD maupun di tingkat komisi, Didi menegaskan Partai Nasdem akan tetap komit bekerja untuk kepentingan masyarakat Kota Manado. “Hasil ini sudah kami terima meski mengecewakan tapi Nasdem sekali lagi tidak akan mengecewakan masyarakat melalui perwakilannya di lembaga ini,” tukas Didi.

(kid)