Elly Lasut Belum Dilantik, Mendagri: SK-nya Sudah Terbit, Tanya Gubernur Sulut -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Elly Lasut Belum Dilantik, Mendagri: SK-nya Sudah Terbit, Tanya Gubernur Sulut

editor: komentar.id
Kamis, 17 Oktober 2019

Mendagri Tjahjo Kumolo (kanan) didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey di acara Manado Fiesta tahun lalu. (File/Komentar.ID)

Jakarta, KOMENTAR.ID

Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih, Elly Engelbert Lasut dan Moktar Parapaga hingga kini belum juga dilantik. Namun, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan SK-nya sudah dia keluarkan.

“Silakan tanya pada Gubernur Sulut, karena saya sudah mengeluarkan SK," tegas Tjahjo saat ditemui di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Melansir JPPN, Kumolo menyatakan kewenangan melantik Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih, ada pada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Sebab menurutnya, gubernur adalah wakil pemerintah pusat di daerah. Pelantikan kepala daerah tingkat II menurutnya didasarkan pada SK Mendagri, namun kewenangan melantik bupati atau walikota ada pada gubernur.

Elly Engelbert Lasut. (Istimewa/Komentar.ID)

“Yang penting suratnya, SK-nya sudah kami kirim ke Pemda Provinsi Sulut," ucap mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini. 

Diketahui, pasangan E2L-Mantap yang diusung Partai Nasdem, PKPI dan Partai Gerindra merupakan kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak Tahun 2018. Namun keduanya belum dilantik meski sudah ada SK dari Mendagri sebagai bupati dan wabup di daerah perbatasan Sulawesi Utara, Talaud.

(kid/jppn)