Dukung Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, SMAN 1 Manado Deklarasikan Anti-Hoax dan Radikalisme -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Dukung Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, SMAN 1 Manado Deklarasikan Anti-Hoax dan Radikalisme

editor: komentar.id
Sabtu, 19 Oktober 2019

Pelajar SMA Negeri 1 Manado dalam kegiatan deklarasi di halaman sekolah, Jumat (18/10/2019). (tr-2/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

SMAN 1 Manado mendeklarasikan anti hoax dan radikalisme dalam rangka pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada 20 Oktober 2019. Mereka pun berharap aksi ini menular ke siswa lain di seluruh Provinsi Sulawesi Utara.

"Deklarasi ini akan terus ke siswa-siswa yang ada di Provinsi Sulawesi Utara soal menolak berita bohong dan ujaran kebencian," kata Kepala SMAN 1 Manado Sherly Kalangi, usai melaksanakan deklarasi anti hoax dan radikalisme, Jumat (18/10/2019).

Untuk itu, pihaknya mengimbau para anak didik untuk cerdas dalam menyebarkan maupun menerima segala informasi. 
"Bagaimana siswa mendapat berita-berita positif. Mereka bisa memilah informasi yang akan disebarkan melalui media sosial," ujar Kalangi. 

Selain kepada siswa, pihak sekolah tidak lupa mengajak para orangtua memperhatikan kegiatan anak-anak di rumah. Terutama adanya paham radikalisme berbahaya yang menyasar generasi muda. Peran orangtua, kata Kalangi, bisa mengajarkan anak-anaknya tidak termakan isu-isu berbau intoleransi dan memperhatikan kegiatan anak selama di rumah.

Deklarasi ini turut dibantu kepolisian dan pembinaan melalui guru agama. "Di luar kegiatan belajar mengajar, siswa bisa mengikuti kegiatan OSIS dan hal-hal yang lain," tambahnya.

Sejauh ini, Kalangi mengaku belum ada anak didiknya yang terpapar paham radikalisme. "Anak-anak terus dibekali pemahaman Pancasila," ungkapnya.

(sym/tr-2)