Pergolakan Jangan Sampai Merobah Tatanan Nilai Moral Bangsa dalam Pancasila -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Pergolakan Jangan Sampai Merobah Tatanan Nilai Moral Bangsa dalam Pancasila

editor: komentar.id
Senin, 30 September 2019

Politisi Gerindra di DPRD Manado, Mona Claudia Kloer. (Istimewa/FB Mona Kloer)

Manado, KOMENTAR.ID

Bangsa Indonesia memeringati Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober ini. Tema sentral yang diangkat yakni; Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia.

Menyikapi hari bersejarah ini, Legislator Manado Mona Claudia Kloer SH MH, menaruh harapan besar untuk bangsa dan negara, terutama ketika disandingkan dengan situasi belakangan ini.

Dia berharap, pergolakan melalui serangkaian aksi demonstrasi yang terjadi, tidak akan merobah tatanan nilai moral bangsa dalam Pancasila. 

“Dengan euforia yang berlebih, semoga Pancasila tetap menjadi pemersatu. Mahasiswa dan aparat harus bersatu. Mahasiswa, rakyat dan pemangku kepentingan rakyat harus menyatu,” tulis Mona saat saling WhatsApp, Selasa (01/10/2019) dini hari. 

Menurutnya, masyarakat termasuk mahasiswa memang harus kritis dalam membangun, kritis dalam berpikir dan bertindak serta kritis pula dalam menganalisa dan memaknai konstitusi lewat produk hukum yang digodok. 

Namun elemen komponen bangsa diharapnya tidak tersesat dan tidak keliru mendalami substansi persoalan yang terjadi. 

“Jangan keliru mendalami substansi. Kalau belum memahami, setidaknya mawas diri. Jangan terbawa emosi. Aksi perlu, suara perlu, pendapat dan opini perlu asal saling menghargai. Begitupun sebaliknya,” seloroh politisi cantik dari Gerindra ini.

(kid)