Legislator Manado Pertanyakan Setoran Pajak Parkir Mantos -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Legislator Manado Pertanyakan Setoran Pajak Parkir Mantos

editor: rolly_sondakh
Senin, 30 September 2019

Anggota DPRD Manado Benny Parasan. (File/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Anggota DPRD Manado Benny Parasan SH mengatakan, pengelola atau perusahaan yang mengelola lahan parkir Manado Town Square (Mantos) tidak sepenuhnya memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Padahal menurutnya kewajiban tersebut sangat jelas tertuang dalam perda tentang pajak dan restribusi.

"Parkiran Mantos itu bermasalah soal penyetoran, padahal sesuai perda nomor 2 tahun 2011 disitu dikatakan untuk pengelola parkir setorannya 30 persen ke pemerintah kota untuk PAD. Jadi sangat jelas payung hukumnya," ujar Parasan di ruang komisi Kantor DPRD Manado, Senin (30/09/2019).

Parasan menilai, pengelola parkiran Mantos terkesan memangkas setoran itu. "Jadi bisa dicontohkan kalau pendapatan Rp 30 juta setiap hari, berarti Rp 900 juta yang didapat setiap bulan kalau. Potong pajak 30 persen harusnya Rp 270 juta untuk PAD, tapi saya lihat hanya 80 atau 90 juta yang disetor, hanya berkisar 10 persen," seru Parasan sembari menambahkan bahwa pajak tersebut merupakan uang rakyat yang harus dipertanggung jawabkan.

"Inikan dipertanyakan. Harus dipertanggung jawabkan secara konstitusional uang rakyat," pungkasnya. Hingga berita ini dipublish, Kepala Bapenda Manado Drs Harke Tulenan belum bisa dihubungi.

(red)