Dipimpin Ketua Sinode GMIM, Jemaat Solagratia Khusyuk Beribadah di Tengah Puing Kebakaran -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Dipimpin Ketua Sinode GMIM, Jemaat Solagratia Khusyuk Beribadah di Tengah Puing Kebakaran

editor: rolly_sondakh
Minggu, 29 September 2019

Ketua Sinode GMIM Pdt Hein Arina memimpin Ibadah Minggu Jemaat GMIM Solagratia Kairagi. (Istimewa/FB Jerry Oroh)

Manado, KOMENTAR.ID

Musibah kebakaran yang melanda gedung gereja GMIM Solagratia Kairagi II Kecamatan Mapanget Kota Manado, Jumat (27/09/2019) lalu, tak menyurutkan semangat jemaatnya untuk beribadah di hari Minggu (29/09/2019) pagi.

Ratusan jemaat yang datang dari kolom 1 - 21 tetap melaksanakan ibadah memuji dan memuliakan Tuhan meski di tengah puing sisa-sisa kebakaran. Jemaat tetap bersemangat dan melewati ibadah dengan penuh khusyuk.

Ibadah tersebut dipimpin langsung Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM Pdt DR Hein Arina MTeol dengan bacaan alkitab di Zakharia 8:1-19. Dalam khotbahnya, Pdt Arina mengajak jemaat untuk memaknai musibah dengan tetap tenang, sabar dan tabah. Sebab menurutnya ada rencana besar dibalik semua peristiwa, tak kecuali peristiwa kebakaran di GMIM Solagratia.

"Melalui peristiwa ini sudah pasti menjadi pergumulan bersama, untuk itu perlu ada peran gereja agar semua jemaat merasa terpanggil untuk terus membangun Bait Allah baik secara fisik ataupun rohani," ujar Pdt Arina.

Diketahui ibadah pagi itu dilangsungkan tepat di dalam gedung gereja yang terbakar. Pdt Arina yang memimpin khotbah juga difasilitasi mimbar yang posisinya ditaruh di depan mimbar utama. Di kiri dan kanan duduk para pelsus.

Jemaat GMIM Solagratia khusyuk menjalani ibadah Minggu (29/09/2019). (Istimewa/FB Jerry Oroh)

Selain itu, ibadah juga berlangsung dengan menggunakan sound system dan dipandu prokantor. Sebagai pengganti atap, jemaat mendirikan beberapa petak tenda lengkap dengan terpal. “Puji Tuhan meski gereja ini terbakar tapi torang pe semangat untuk beribadah tidak luntur. Torang pasti mampu bangun gedung yang lebih baik dari sebelumnya,” ujar Hanny, warga jemaat setempat.

Diketahui gedung gereja dan pastori GMIM Solagratia terbakar Jumat (27/09/2019) lalu sekira pukul 18.00 Wita. Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik atau korsleting.

(red)