Jemaat Solagratia Kayuwatu Belum Sempat Reyen AC Baru, Gereja Sudah Terbakar -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Jemaat Solagratia Kayuwatu Belum Sempat Reyen AC Baru, Gereja Sudah Terbakar

editor: komentar.id
Jumat, 27 September 2019

Gedung gereja GMIM Solagratia Kayuwatu di Kelurahan Kairagi II Kecamatan Mapanget, terbakar. (Istimewa/FB Robert Sanggelorang)

Manado, KOMENTAR.ID

Kebakaran yang melanda gedung gereja GMIM Solagratia Kayuwatu di Kelurahan Kairagi II, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Jumat (27/09/2019) sekitar pukul 18.00 Wita, besar kemungkinan karena hubungan arus pendek listrik. 

“Belum tahu persis, tapi kemungkinan karena korsleting listrik. Api bersumber dari gedung Pastori II yang menyatu dengan gedung gereja,” ujar Hanny Rais kepada Komentar.ID di halaman gereja.

Pengurus P/KB jemaat setempat ini mengatakan, ada indikasi sumber api berasal dari meter listrik di gedung pastori. Terlihat beberapa tanda hangus menempel pada dinding didekat KWh meter yang dipasang.

Hanny dan ratusan jemaat GMIM Solagratia menyesali peristiwa ini. Apalagi menurut pengakuannya, gereja tersebut baru saja difasilitasi AC.

“Ada empat AC baru yang baru dipasang kemarin. Rencana mo reyen pas ibadah hari Minggu, mar apa daya gereja so ta’bakar,” selorohnya.

Kebakaran ini sendiri menghanguskan seisi gedung gereja. Mulai tempat duduk, AC, perangkat sound system termasuk mimbar stainless steel serta atap. Yang tersisa hanyalah tembok bagian depan gereja.

Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE SH yang turun ke lokasi, terlihat prihatin. Dia hanya bisa mengimbau jemaat di gereja tersebut untuk bisa tabah dalam menghadapi cobaan ini.

Wawali Manado Mor Bastiaan berada di lokasi kejadian. (File/Komentar.ID)

“Atas nama pemerintah kami prihatin dengan kejadian ini. Semoga bapak ibu jemaat di sini bisa tabah menghadapi peristiwa yang terjadi,” tutur Mor Bastiaan.

Sementara, Kapolresta Manado Kompol Benny Bawensel yang juga memantau langsung ke lokasi, belum bisa memastikan penyebab utama kebakaran. “Masih akan diselidiki lagi, tapi mungkin karena hubungan arus pendek (listrik),” ujarnya singkat.

Secara terpisah, Kadis Kebakaran Kota Manado Muhammad Sofyan AP MSi dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya langsung mengerahkan lima unit armada damkar ke lokasi kejadian. Dan kurang lebih sejam lamanya para petugas berhasil memadamkan kobaran api. 

Diketahui, GMIM Solagratia Kayuwatu memiliki ratusan jemaat yang tersebar di 21 kolom. Jemaat ini sendiri terkenal karena sering menjuarai lomba paduan suara khususnya untuk kategori P/KB.

(kid)