Anggota DPRD Manado (Mulai) Tinggalkan Manado, Ini Biaya Perjalanan Dinas Mereka -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Anggota DPRD Manado (Mulai) Tinggalkan Manado, Ini Biaya Perjalanan Dinas Mereka

editor: komentar.id
Kamis, 26 September 2019

Pemandangan Bandara Sam Ratulangi Manado dari cabin pesawat ketika bersiap lepas landas. (File/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Anggota DPRD Manado mulai meninggalkan Kota Manado. Informasi terkonfirmasi, mereka kini sedang melakukan kunjungan kerja ke Jakarta. Ada yang menghadiri festival Sulut Expo, namun kelompok legislator lainnya ke Kemendagri untuk konsultasi.

Ini adalah perjalanan dinas perdana bagi 40 wakil rakyat terhormat. Mereka mulai “reyen” fasilitas anggaran surat perintah perjalanan dinas (SPPD) yang ada.  

Lantas, berapa besar anggaran SPPD yang disiapkan? Penelusuran Komentar.ID di sekretariat dewan, para legislator ternyata difasilitasi anggaran perjalanan dinas mencapai Rp19 juta. 

Namun ada beberapa item yang sifatnya at cost atau menyesuaikan dengan kebutuhan. Seperti tiket pesawat dan hotel. Selain itu, nett diterima bersih para anggota untuk mendukung tugas dan kinerja mereka dalam kunjungan kerja.

Rinciannya, untuk tiket pergi pulang (pp) pimpinan dibanderol hingga Rp 11 juta sedangkan anggota Rp 7,7 juta. Dalam item ini, hanya pimpinan yang bisa menggunakan kelas bisnis.

Kemudian anggaran hotel di Jakarta dibanderol Rp 2.950.000 x 2 hari. Namun umumnya para anggota hanya mengambil pengembalian 80 persen dengan alasan tidak nginap di hotel. Sehingga anggota dewan mendapat “dana segar” sekitar Rp 800 ribu x 2 hari. 

Lalu ada juga uang harian sebesar Rp 2.250.000 x 3 hari. Setelah itu ada lagi uang transportasi darat (taksi) sebesar Rp 625 ribu. 

Anggota DPRD Manado periode 2019-2024 diambil sumpah/janji 14 Agustus 2019. (File/Komentar.ID)

Kabag Keuangan Sekretariat DPRD Manado Constantine Doaly dikonfirmasi, enggan memberi penjelasan rinci. Namun ia tak menampik setiap perjalanan anggota dibekali anggaran yang telah tertata di APBD. 

“Tapi tidak semuanya habis digunakan. Ada anggaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan saja. Ya kurang lebih sekali jalan Rp14 jutaan lah. Itu kalau (harga) tiket stabil yah,” seloroh Tein sapaan akrabnya via telepon, Kamis (26/09/2019).

Sementara, tiga anggota dewan masing-masing Hengky Kawalo, Arthur Rahasia dan Jeane Laluyan, mengamini bila saat ini para anggota sedang berada di Jakarta. 

Kloter satu menghadiri Sulut Expo 2019 sedangkan kloter dua melakukan konsultasi di Kantor Kementerian Dalam Negeri, terkait masih adanya satu fraksi yang belum memasukan nama AKD di DPRD Manado.

RINCIAN SPPD DPRD MANADO

TIKET
Pimpinan: Rp 11.000.000,-
Anggota: Rp 7.700.000,-
*at cost
HOTEL
Jakarta: Rp 2.950.000,- x 2 hari
*at cost
UANG HARIAN 
Jakarta: Rp 2.250.000,- x tiga hari
UANG TAKSI
Jakarta: Rp 625.000,- 
*per sppd

(kid)